Mobile Site

Mengenal Soju, Minuman Keras Populer Korea Selatan

Wisata 5 View

Mengenal-Soju,-Minuman-Keras-Populer-Korea-Selatan

(sumber gambar: seriouseats.com)

Kabarmaya.co.idBagi penikmat drama korea, pasti tak asing dengan scene yang menyajikan para pemain sedang menikmati setiap tegukan soju. Minuman khas Korea tersebut memang banyak ditunjukkan di drama-drama maupun acara Korea lainnya. Di balik ketenarannya, soju ternyata juga menyimpan beberapa fakta yang perlu diketahui. Beberapa fakta tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Info Basic

Soju memiliki kadar alkohol antara 1%-53%, namun sebagian besar ada di kisaran 20%. Minuman ini merakyat karena harganya yang terbilang murah, yaitu sekitar 1000-3000 Won saja.

  1. Etika Minum

Minum soju ternyata juga tak bisa sembarangan. Di Korea ada etika minum, terlebih saat meminumnya dengan orang lain. Saat minum bersama orang lain, jangan menuangkan minuman ke gelas sendiri. Tuangkan soju ke gelas orang lain dengan menggunakan tangan kanan sambil disangga tangan kiri. Saat menerima tuangan dari orang yang lebih tua, pegang gelas dengan kedua tangan. Ketika meminumnya, palingkan wajah alias tidak boleh menghadap ke orang yang lebih tua. Jika gelas sendiri kosong, itu berarti sebuah kode siap untuk menerima tuangan soju lagi.

  1. Pabrik Soju

Di Negeri asalnya, terdapat setidaknya 10 perusahaan yang memproduksi soju ini. Dari sekian banyak perusahaan, Jinro Soju merupakan merk yang paling terkenal. Dibanding merk lainnya, Jinro Soju paling laris dengan angka penjualan mencapai 61,38%.

  1. Varian Soju

Tak hanya original, Soju ternyata memiliki varian rasa. Penduduk Korea sering menikmati Soju dengan beberapa rasa lain, seperti Somaek (Soju+Maekju), yaitu campuran antara soju dengan bir. Selain itu, masih ada Socol (Soju+Cola) dan yang sedang populer yaitu soju yang memiliki rasa buah-buahan. Namu  menurut banyak orang, soju dengan varian rasa ini lebih cepat membuat mabuk jika dibandingkan dngan soju original.

  1. Andong Soju

Untuk diketahui, ternyata ada jenis soju yang cukup spesial. Kenapa disebut spesial? Karena masyarakat Korea hanya akan memberikan soju ini sebagai hadiah saat perayaan hari-hari besar saja. Soju tradisional dengan kadar alkohol sebesar 40-45% ini disebut dengan Andong Soju.

Itulah beberapa fakta tentang soju yang perlu diketahui oleh masyarakat luas. Sudah berniat mencicipi minuman ini?

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id