Mobile Site

Waspada! 5 Gejala Penyakit Jantung Ini Sering Tidak Disadari

Kesehatan 7 View

Waspada!-5-Gejala-Penyakit-Jantung-Ini-Sering-Tidak-Disadari

(sumber gambar: hellosehat.com)

Kabarmaya.co.id – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang berbahaya selain kanker. Dalam sekejap orang bisa kehilangan nyawanya jika mengalami serangan jantung. Dalam istilah medis penyakit jantung disebut dengan penyakit jantung koroner. Pada dasarnya penyakit jantung kororner terjadi apabila pembuluh darah utama (pembuluh darah koroner) yang menyuplai darah ke jantung mengalami kerusakan. Kerusakan ini diduga terjadi karena adanya penumpukan kolesterol atau plak di pembuluh darah koroner.

Lebih dari 1 juta orang di Amerika menderita serangan jantung setiap tahunnya. Gejala umum yang sering terlihat pada pasien penyakit jantung dewasa adalah rasa sakit di dada yang disertai keringat dingin. Untuk mengetahui penyakit jantung sejak dini, sebaiknya perhatikan gejala-gejala kecil yang sering dianggap sepele ini.

  1. Kelelahan

Seorang ahli jantung Go Red For Women di North Shore-LIJ Health System, Dr. Stacey E. Rosen, MD menjelaskan kelelahan merupakan salah satu gejala paling umum, khususnya pada pasien wanita. Jika mengalami rasa lelah yang luar biasa jangan takut untuk melakukan pemeriksaan elektrokardiogram (EKG) untuk memeriksa aktivitas jantung.

  1. Rasa sakit di punggung, lengan atau dada

Rasa sakit di punggung, lengan atau dada merupakan sinyal kiriman dari otak akibat gangguan yang terjadi pada jantung. Otak mengirim sinyal pada ketiga bagian tubuh tersebut karena ketiganya memiliki hubungan saraf yang paling dekat dengan jantung dan otak.

  1. Napas pendek

Jika merasa sesak napas setelah bangun tidur, itu menjadi salah satu tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh. Jantung memiliki peran penting dalam memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Heartbun atau bersendawa

Heartburn adalah sensasi perih dan panas di dada. Kondisi ini dapat memburuk ketika badan sedang berbaring atau menunduk.

  1. Rasa tidak nyaman di tenggorokan, leher atau rahang

Penyebab ketidaknyamanan ini memang tidak bisa dijelaskan tapi gejala ini bisa mengindikasikan kemungkinan serangan jantung.

Gejala-gejala tersebut biasanya memang tidak disadari oleh banyak kalangan. Namun bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung sebaiknya tak perlu ragu untuk memeriksakan kondisi tubuh terutama jantung sejak dini.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id