Mobile Site

4 Cara Melembutkan Rambut Secara Alami dan Permanen

Kesehatan 7 View

4-Cara-Melembutkan-Rambut-Secara-Alami-dan-Permanen

(sumber gambar: gadisayu.com)

Kabarmaya.co.idBagi wanita, rambut adalah mahkota yang harus dijaga dan dirawat. Maka tidak heran jika banyak wanita yang berbondong-bondong pergi ke salon untuk merawat dan memperindah rambut mereka. Banyak yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk perawatan sebagai cara melembutkan rambut. Memiliki rambut yang sehat dan lembut merupakan impian semua orang. Pasalnya, rambut yang lembut dipercaya menjadi salah satu syarat penampilan yang menarik, terutama untuk kaum hawa.

Selain perawatan di salon, faktanya mendapatkan rambut yang lembut berkilau juga bisa dilakukan dengan langkah mudah. Salah satunya dengan melakukan perawatan rambut menggunakan bahan-bahan alami serta memperhatikan langkah perawatan rambut sehari-hari. Nah, berikut ini cara melembutkan rambut secara alami dan permanen yang mudah dilakukan.

  1. Pisang

Manfaat pisang dalam perawatan rambut adalah sebagai cara melembutkan rambut secara alami. Berkat kandungan vitaminnya, buah berwarna kuning ini berguna untuk menjaga kelembaban, merawat rambut dari kerusakan, mencegah rambut kusam serta mengatasi ketombe.

Cara memanfaatkan pisang sebagai cara melembutkan rambut secara alami: Ambil satu atau dua buah pisang. Kemudian kupas, bersihkan, dan haluskan daging buah pisang. Ratakan adonan pisang ke seluruh permukaan rambut. Diamkan 10-15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Untuk hasil yang lebih baik, bisa ditambahkan 3-5 sdm madu murni dalam adonan pisang.

  1. Alpukat

Buah lain yang juga bisa dimanfaatkan sebagai cara melembutkan rambut adalah buah alpukat. Kandungan lemak yang ada dalam buah alpukat juga mampu memenuhi kebutuhan rambut dengan berperan sebagai pelembab alami. Berkat kandungannya, alpukat juga bermanfaat untuk mencegah masalah rambut kering dan rambut bercabang. Selain itu, kandungan vitamin di dalam buah alpukat juga akan menjadikan rambut senantiasa sehat dan indah.

Langkah menggunakan alpukat sebagai cara melembutkan rambut secara alami: Ambil satu buah alpukat yang sudah benar-benar masak. Kupas alpukat dan pisahkan dengan bijinya. Blender daging buah dengan air secukupnya. Gunakan adonan sebagai masker rambut. Tunggu beberapa saat, lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur.

  1. Madu

Berkat kandungan zatnya yang kompleks, madu sudah lama dipakai untuk berbagai perawatan tubuh. Salah satunya yakni untuk merawat rambut, bahkan madu juga digunakan sebagai cara melembutkan rambut. Bagi rambut, khasiat madu diantaranya adalah menjaga kelembaban rambut sehingga membuatnya senantiasa lembut dan tidak kering atau kasar.

Langkah menggunakan madu sebagai cara melembutkan rambut secara alami: Keramas terlebih dahulu, lalu oleskan madu ke seluruh bagian rambut. Tunggu beberapa saat kemudian bilas rambut menggunakan air hangat hingga bersih.

  1. Minyak Jarak

Minyak jarak merupakan solusi alami bagi banyak permasalahan rambut, termasuk sebagai cara melembutkan rambut. Perawatan menggunaan minyak jarak yang dilakukan secara teratur dipercaya akan membuat rambut semakin kuat, lembut, dan mudah diatur. Selain itu kandungan asam risinolat yang tinggi menjadikan minyak jarak berkhasiat sebagai anti-bakteri dan anti-jamur, sehingga dapat menjaga kebersihan akar rambut serta bagian rambut lain. Kandungan penting minyak jarak lainnya ialah omega 3 dan asam lemak yang baik untuk sumber nutrisi folikel rambut sehingga mencegahnya dari kerontokan.

Cara menggunakan minyak jarak sebagai cara melembutkan rambut secara alami: Hangatkan 100 ml minyak jarak, kemudian usapkan ke seluruh bagian rambut. Lakukan pijatan perlahan sampai kulit kepala. Selanjutnya rapikan rambut dan bungkus menggunakan handuk atau kain hangat, dan diamkan sekitar 30 menit. Cuci rambut dengan sampo dan bilas hingga bersih.

Demikian beberapa cara melembutkan rambut yang bisa diterapkan setiap hari. Mempunyai rambut yang terawat akan membuat kepala lebih enteng.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id