Mobile Site

Kondisi Bibir Bisa Tentukan Kesehatan Tubuh Lho!

Kesehatan 6 View

Kondisi-Bibir-Bisa-Tentukan-Kesehatan-Tubuh-Lho!

(sumber gambar: Tribunnews.com)

Kabarmaya.co.id Untuk menunjang penampilan dan kesehatan, bibir merupakan salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan. Tak jarang dalam kondisi tertentu bibir mengalami masalah. misalnya saja seperti bibir pecah-pecah, bibir kering, dan masalah bibir lainnya yang sangat mengganggu penampilan. Masalah-masalah bibir tersebut ternyata juga dapat mengungkapkan masalah kesehatan dalam tubuh lho! Berikut kondisi kesehatan yang dapat dilihat dari kondisi bibir:

Bibir retak di sudut mulut – Masalah ini adalah masalah yang cukup umum dialami. Retak disudut bibir bisa terjadi akibat berbagai hal, salah satu penyebabnya adalah Angular Cheilitas yaitu suatu kondisi luka yang menyakitkan yang terdapat di sudut mulut dan di dalam mulut. Kondisi ini disebabkan karena buruknya pola makan, kurangnya vitamin, dan infeksi jamur. Retak disudut bibir bisa menjadi tanda diabetes, infeksi seperti ragi dapat berkembang karena kadar glukosa darah yang tinggi mempengaruhi tepi halus mulut. Selain diabetes, keretakan disudut bibir juga dapat menandakan virus herpes dan anemia.

Bibir Kering – Cuaca ekstrim dan kering merupakan salah satu penyebab terjadinya bibir kering akibat dehidrasi. Selain itu bibir kering mungkin juga disebabkan oleh alergi dari makanan atau riasan yang dipakai sehari-hari, alergi menyebabkan pembekakan dan iritasi pada daerah bibir kering. Untuk mengatasinya bisa dengan mengganti produk riasan yang digunakan sehari-hari.

Cold Sores – Keadaan ini terjadi akibat herpes. Penyebabnya akibat buruknya pola makan sehingga menimbulkan sistem kekebalan tubuh yang buruk, atau bisa juga karena terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Bibir Pucat – Hal ini bisa menandakan bahwa sedang menderita anemia dan perlu meningkatkan vitamin yang dikonsumsi. Bibir pucat juga bisa dikarenakan rendahnya gula darah dan kurangnya sinar matahari, jadi sinar matahari yang cukup dan tidak berlebihan bisa menjaga kesehatan bibir.

Pembekakan atau kelembutan – Bibir bengkak bisa menandakan penyakit crohn. Penyakit ini biasanya menyebabkan pembekakan di usus dan juga bisa disertai dengan radang gusi dan bibir.

Tanda-tanda kesehatan di atas bisa dilihat dari kondisi bibir. Jagalah kesehatan mulai dari sekarang. Rajinlah berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat agar tubuh terpenuhi nutrisinya sehingga tubuh tidak sering terserang penyakit.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id