Mobile Site

Ngorok Setiap Tidur? Kenali Dulu Penyebabnya!

Kesehatan 42 View

Cara-Mengatasi-Dengkuran-Saat-Tidur

Kabarmaya.co.idTidur mendengkur atau tidur ngorok merupakan hal yang sering terjadi, terutama dikalangan pria. Seiring bertambahnya usia kebiasaan mendengkur ini akan semakin bertambah buruk apabila dibiarkan. Tentunya kebiasaan ini sangat mengganggu orang yang ada disekitar, seperti saat satu kamar dengan pasangan itu akan sangat menggangu sekali. Kebiasaan ngorok dapat merusak kualitas tidur dan menjadikan waktu istirahat lebih singkat. Oleh karena itu harus ada penanganan agar hal ini tidak terjadi terus menerus. Sejatinya mendekur muncul akibat kurangnya asupan oksigen karena terhambatnya aliran udara.

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya dengkuran. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan di bawah ini:

Posisi tidur – Posisi tidur dapat menjadi penyebab kenapa seseorang mendengkur. Seperti tidur telentang yang tidak hanya mempengaruhi kondisi punggung, tetapi juga menjadi seseorang mulai mendengkur. Hal ini terjadi karena napas lebih menekan pada pengaruh berat leher atau dada yang menekan ke bawah. Maka aliran napas ke paru-paru akan terhalang sehingga oksigen yang masuk berkurang.

Saluran hidung tersumbat – Perubahan struktural pada hidung dapat memicu terjadinya dengkuran. Masalah lainnya seperti cacat struktural di aliran napas seperti septum yang menyimpang atau hidung yang tersumbat bisa menjadi penyebab dengkurang yang lebih parah.

Kebiasaan merokok – Banyak sekali dampak buruk yang ditimbulkan karena kebiasaan merokok, salah satunya mendengkur. Asap dari rokok dapat menyebabkan peradangan di mukosa atau jaringan yang melapisi napas, lalu terjadilah pembengkakan yang menyebabkan saluran udara menyempit. Ketika saluran udara menyempit maka aliran udara akan sulit masuk keparu-paru ,inilah yang menyebabkan mendengkur.

Usia – Semakin tua maka tonus otot ditenggorokan akan menurun dan tenggorokan akan menjadi semakin sempit. Meskipun penuaan tidak dapat dicegah, namun lakukan olahraga yang dipusatkan pada kesehatan tenggorokan dapat membantu mencegah terjadinya dengkuran.

Semoga info tentang 4 hal yang menyebabkan timbulnya dengkuran di atas bisa bermanfaat. Jangan pernah lakukan kebiasaan di atas apabila ingin tidur dengan nyenyak tanpa mendengkur dan tak ingin orang di samping Anda terganggu.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id