Mobile Site

Cara Ampuh Mengurangi Kebiasaan Tidur Ngiler

Kesehatan 45 View

Cara-Ampuh-Mengurangi-Kebiasaan-Tidur-Ngiler

(sumber gambar: suara.com)

Kabarmaya.co.idSebenarnya ngiler adalah aktivits yang wajar dan siapapun bisa mengalaminya. Ngiler terjadi secara tidak sadar karena otot-otot wajah yang rileks saat tidur dapat menyebabkan mulut dengan sendirinya terbuka sehingga air liur dalam mulut terakumulasi. Namun apabila setiap tidur lalu ngiler, mungkin kamu mengalami hipersaliva atau kelebihan air liur. Cobalah beberapa cara berikut ini untuk mengurangi kebiasaan ngiler.

Membersihkan saluran sinus – Salah satu alasan ngiler mungkin karena ada masalah pada saluran sinus, entah itu flu atau adanya infeksi. Maka salah satu cara mengatasinya adalah membersihkannya agar saluran sinus dalam keadaan baik. Cara yang tepat untuk mengahadapinya adalah mandi air panas atau menghirup minyak esensial yang mengandung eukaliptus. Ini dapat memperlancar saluran sinus.

Mengganti posisi tidur – Salah satu penyebab kebiasaan ngiler mungkin posisi tidur. Biasanya posisi tidur tengkurap yang menyebabkan seseorang ngiler. Nah, cobalah untuk tidur telentang agar akumulasi air liur tidak menetes ke bantal.

Cek kemungkinan mengidap sleep apnea Sleep apnea merupakan gangguan utama di mana pernapasan seseorang tidak berjalan seharusnya. Kondisi ini dapat menyebabkan tidur terganggu, terbangun di malam hari, perasaan lelah di pagi hari, dan perasaan kantuk sepanjang hari. Ngorok dan ngiler adalah salah satu tanda awal dari sleep apnea. Jika terus menerus tidak hilang, coba untuk memeriksakannya ke dokter.

Posisi kepala lebih tinggi dari badan – Usahakan untuk memposisikan kepala lebih tinggi dari badan, misal dengan menumpuk beberapa bantal. Cara seperti ini bisa mengurangi ngiler, tapi harus dipastikan merasa nyaman saat berbaring di atasnya.

Beberapa faktor di atas adalah beberapa tips untuk mengatasi kebiasaan ngiler. Semoga dengan melakukan cara-cara di atas, kebiasaan ngiler bisa berkurang atau bahkan berhenti total.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id