Mobile Site

Jaga Kesehatan Usus Sama Dengan Jaga Kesehatan Mental

Kesehatan 32 View

Jaga-Kesehatan-Usus-Sama-Dengan-Jaga-Kesehatan-Mental

(sumber gambar: SolusiSehatku.com)

Kabarmaya.co.idMakanan yang baik akan menjadikan organ pencernaan menjadi baik pula dan juga membuat tubuh menjadi sehat. Selama ini makanan sering dikaitkan dengan kesehatan fisik saja. Namun ternyata tidak hanyak mempengaruhi fisik saja, organ pencernaan juga dapat menpengaruhi mental seseorang. Seperti kesehatan usus yang ternyata berpengaruh dalam kesehatan mental seseorang. Dengan cara kerja bakteri yang diproduksi oleh usus berperan dalam memproduksi hormon yang ternyata berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Bakteri sudah dibawa oleh usus sejak manusia lahir, bakteri tersebut berperan dalam tubuh manusia salah satunya untuk menjaga sistem imun tubuh. Ada bakteri yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi ada juga bakteri yang sifatnya merusak. Selain membantu dalam proses pencernaan, bakteri di dalam usus juga mempengaruhi emosi di dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa hormon serotin lebih banyak diproduksi di usus, hormon ini berfungsi sebagai penyeimbang mood. Hormon serotin yang tidak seimbang dapat menimbulkan mood negatif dan perasaan cemas.

Hubungan kesehatan usus dengan kesehatan mental ini telah dilakukan penelitian. Pada sebuah penelitian partisipan diberi probiotik (bakteri baik) selama tiga minggu, hasilnya partisipan yang sudah diberi bakteri baik tersebut mengalami peningkatan mood yang positif. Selain itu juga dilakukan penelitian dan percobaan terhadap tikus. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan tikus yang tidak memiliki bakteri di dalamnya menunjukkan perilaku cemas yang berlebihan. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa makanan yang dikonsumsi berpengaruh terhadap produksi dalam usus, bakteri di dalam usus dapat mempengaruhi produksi hormon yang dapat mengontrol mood dan kecemasan.

Makanan adalah satu faktor yang mempengaruhi produksi bakteri di dalam usus, makanan yang dicerna oleh usus dapat mempertahankan produksi bakteri baik atau malah bisa menghilangkannya. Makanan yang dapat mengganggu keberadaan bakteri baik di dalam usus adalah makanan berminyak atau makanan yang telah diolah berulangkali seperti junk food. Jenis makanan inilah yang dapat mengurangi keberadaan bakteri baik di dalam usus.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id