Mobile Site

Cara Deteksi Kanker Sejak Dini

Kesehatan 10 View

Cara-Deteksi-Kanker-Sejak-Dini

(sumber gambar: blog.tribunjualbeli.com)

Kabarmaya.co.idSampai saat ini kanker masih dianggap sebagai penyakit yang paling membahayakan dan mematikan. Tetapi dijaman sekarang ini banyak penderita kanker yang mencoba menjalani pengobatan yang akhirnya terlepas dari kanker yang dideritanya. Untuk mencegah terjadinya kanker yang lebih parah dan mematikan, Anda bisa mendeteksinya sejak dini. Cara mendeteksi kanker sebelum menyebar adalah dengan mendeteksi kanker sejak dini. Hal ini sudah terbukti mampu meningkatkan angka kesembuhan pasien penderita kanker. Untuk mendeteksi kanker sejak dini harus dilakukan bebrapa tahapan tes medis, sebagai berikut:

Melakukan pemeriksaan – Pemeriksaan kanker wajib dilakukan secara berkala seperti mamografi untuk kanker payudara, kolonoskopi untuk kanker usus, dan pap smear untuk kanker serviks. Semua pemeriksaan tersebut harus dilakukan sekali dalam satu tahun. Bukan tanpa alasan, pemeriksaan rutin dilakukan karena semakin bertambah usia resiko terjangkit penyakit kanker akan semakin besar. Jika bingung apa yang dilakukan untuk mengatasi kanker, bisa berkonsultasi ke dokter.

Ketahui tubuh Anda dan lakukan pemeriksaan diri – Anda adalah orang pertama yang pastinya tahu perubahan apa yang sedang terjadi pada tubuh. Beberapa kanker biasanya menimbulkan benjolan dan pembengkakan. Ketika merasa tubuh Anda mengalami pembengkakan yang cukup lama jangan abaikan hal tersebut, segera periksalah ke dokter. Selain pembengkakan, gejala lain yang harus diwaspadai adalah memar dan timbulnya perdarahan.

Ketahui riwayat keluarga – Untuk mendeteksi kanker salah satunya adalah ketahui riwayat keluarga, apakah ada yang pernah terkena kanker? Dalam hal riwayat kesehatan, jika ada keluarga yang memiliki riwayat kanker harus segera waspada. Riwayat keluarga adalah salah satu faktor risiko dari segala jenis kanker.

Mengendalikan faktor risiko lainnya – Untuk mendeteksi dan mencegah kanker sejak dini yang perlu dilakukan adalah mengendalikan faktor risiko yang membuat Anda rentan terserang penyakit ini. Caranya gampang saja, hanya dengan menerapkan pola hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti berhenti merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, serta makan-makanan yang sehat.

Anda jelas tidak ingin penyakit ini menyerang tubuh bukan? Nah mulai sekarang lakukan pendeteksian kaker secara dini. Yang paling penting adalah menjaga pola hidup sehat dan hindari makanan yang menjadi penyebab kanker.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id