Mobile Site

Sering Terkena Polusi Udara Berdampak Kebodohan

Kesehatan 51 View

Sering-Terkena-Polusi-Udara-Berdampak-Kebodohan

(sumber gambar: NusantaraNews.co)

Kabarmaya.co.idSemakin majunya jaman maka akan semakin banyak dibangun pabrik perindustrian dan juga semakin padatnya pembangunan lainnya. Tak heran jika semakin hari makan semakin padat dan semakin sulit menemukan udara segar apalagi di daerah perkotaan. Padatnya bangunan dan ramainya kendaraan yang lalu lalang serta banyaknya pabrik perindustrian menymbang banyaknya polusi udara pada masa sekarang ini.

Bukan hanya buruk untuk pernapasan, tetapi ternyata polusi udara juga memiliki dampak yang buruk bagi kecerdasan manusia. Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa polusi menjadi faktor penurunan yang tajam bagi kecerdasan manusia. Penelitian yang dilakukan terhadap 20.000 partisipan dari berbagai usia selama empat tahun menunjukkan hasil bahwa paparan polusi merupakan zat kimia buangan dan memiliki sifat yang menyimpan racun yang dapat memicu penurunan signifikan dalam score tes untuk bahasa dan aritmatika.

Ternyata udara kotor dapat memberikan dampak degradasi kognisi seiring bertambahnya usia. Bahkan polusi juga dapat meningkatkan risiko penyakit degeneratif seperti penyakit alzheimer dan bentuk lain demensia. Kerusakan pada otak yang menua akibat polusi udara kemungkinan membebani kesehatan dan biaya ekonomi yang besar, mengingat fungsi kognitif justru sangat penting bagi para manula untuk menjalankan tugas sehari-hari dan membuat keputusan-keputusan penting.

Jadi, jangan pernah mengabaikan polusi udara mulai saat ini. Akan lebih baik jika kemana-mana menggunakan masker sehingga bisa mengurangi jumlah polusi yang mungkin saja masuk ke dalam tubuh. Di beberapa daerah di Indonesia sendiri sudah diklaim menjadi daerah yang darurat polusi.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id