Mobile Site

Permen Karet Tak Sengaja Tertelan? Segera Lakukan Ini!

Kesehatan 32 View

Permen-Karet-Tak-Sengaja-Tertelan-Segera-Lakukan-Ini!

(sumber gambar: globalradio.co.id)

Kabarmaya.co.idPermen karet faktanya digemari oleh semua usia, mulai dari anak kecil hingga orang desawa karena rasanya yang manis. Pada dasarnya permen karet memang dibuat untuk dikunyah dan sangat tidak dianjurkan untuk ditelan, namun kadang orang tidak sengaja menelannya. Meskipun tidak berbahaya, namun permen karet yang tertelan tidak dapat dicerna oleh tubuh. Permen karet yang tertelan memang tidak akan terjebak dalam perut selamanya, permen karet juga akan keluar melalui feses.

Menelan permen karet memang tidak berbahaya, namun permen karet yang tidak sengaja tertelan tidak akan diam saja di perut. Permen karet tetap saja akan berjalan dan keluar melalui feses. Namun hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, membutuhkan waktu beberapa hari untuk memprosesnya. Saat sembelit dan tidak sengaja menelan permen karet, ini akan membuat usus tersumbat. Apalagi jika tertelan permen karet dalam jumlah yang cukup banyak dan sering terjadi.

Tertelannya permen karet yang menyumbat usus akan membuat semakin sulit untuk buang air besar. Oleh karena itu usahakan untuk tidak menelan permen karet. Apabila mempunyai anak kecil, jauhkan permen karet dari anak sampai anak sadar betul bahwa permen karet tidak baik untuk ditelan.

Saat tidak sengaja menelan permen karet pasti akan tersedak dan seperti ada yang mengganggu di kerongkongan, ini akan membuat panik seketika. Namun tidak perlu panik berlebihan karena permen karet tidak akan mengendap di perut. Jangan memuntahakan permen karet yang sudah tertelan dengan mengorek tenggorokan. Apabila permen karet tidak sengaja sudah tertelan, segera minumlah air putih.

Perbanyak minum air putih agar kerongkongan merasa lega dan nyaman. Hal ini bertujuan agar permen karet yang tertelan tidak menutupi tenggorokan. Apabila tidak sengaja menelan permen karet tidak perlu segera ke dokter karena dapat diatasi dengan minum air sedikit banyak. Namun bila hal ini disertai sembelit berhari-hari atau tidak dapat buang air besar dan disertai muntah, segera periksakan diri ke dokter.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id