Mobile Site

Tidur Dengan Lampu Menyala Bisa Memicu Depresi

Kesehatan 46 View

Tidur-Dengan-Lampu-Menyala-Bisa-Memicu-Depresi

(sumber gambar: tribunnews.com)

Kabarmaya.co.id – Tidur merupakan aktivitas wajib bagi semua orang, karena dengan tidur energi dalam tubuh dapat terisi penuh sehingga dapat melakukan aktifitas dengan bersemangat. Tidak hanya jam tidur saja yang perlu diperhatikan, namun kondisi sekitar juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Contohnya seperti mematikan lampu ketika tidur. Ternyata hal ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dengan kondisi ruangan yang gelap, tidur akan semakin tenang.

Tidur dengan posisi lampu yang menyala ternyata membawa banyak dampak negatif bagi tubuh, salah satunya dapat menyebabkan depresi. Seorang peneliti mengatakan bahwa paparan cahaya di malam hari ketika seseorang tidur dapat meningkatkan gejala depresi, menjadikan kurangnya kualitas tidur, tekanan darah tinggi, kelainan metabolik, dan masalah kesehatan lainnya seperti insomnia dan meningkatkan risiko bunuh diri akibat dari depresi.

Semakin lama tubuh terpapar sinar dari lampu di malam hari, maka akan menajdikan kemungkinan depresi semakin besar. Kondisi seperti ini dapat mengacaukan ritme biologis dan ritme sirkardian yang mengatur jadwal tidur seseorang sehingga membuat orang tersebut bangun di alam bawah sadar. Hal ini terjadi karena tubuh mengartikan sinar sebagai siang hari. Karena tubuh sudah terbiasa beraktivitas di siang hari, maka alam bawah sadar mengisyaratkan tubuh untuk tertidur saat malah hari dalam suasana yang gelap.

Tubuh tidak sepenuhnya beristirahat bila tidur dalam keadaan lampu yang menyala, hal tersebut juga dapat memicu kelelahan saat bangun tidur. Jika kelelahan terjadi secara terus-menerus maka kadar stres dalam tubuh akan bertambah besar, sehingga dapat menimbulkan depresi. Namun pada kenyataannya tidak semua orang dapat tidur dalam keadaan lampu yang mati. Bagi yang takut tidur dalam keadaan gelap, bisa menyiasatinya dengan menggunakan lampu tidur yang redup dengan tujuan agar tetap bisa tidur dengan nyenyak dan kesehatan tubuh pun tidak terganggu.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id