Mobile Site

Kondisi Lidah Tunjukkan Arti Kesehatanmu!

Kesehatan 38 View

Kondisi-Lidah-Tunjukkan-Arti-Kesehatanmu!

(sumber gambar: doktersehat.com)

Kabarmaya.co.idMerupakan hal yang biasa ketika ada rasa sakit di lidah, kebanyakan orang akan berpikiran bahwa itu hanyalah karena sariawan yang akan sembuh dalam beberapa hari kedepan. Namun bagaimana jika lidah mengalami warna yang berbeda yang belum pernah terjadi sebelumnya? Ternyata warna dan rasa yang berbeda di lidah harus selalu diperhatikan karena kondisi tersebut dapat menunjukkan arti kesehatan dalam tubuh. Ada yang berbahaya, ada juga yang tidak berbahaya dan tidak perlu dikawatirkan. Jika sakit di lidah hilang beberapa hari berarti itu tidak berbahaya, namun bila tidak hilang dalam waktu yang lama bisa jadi itu tanda adanya penyakit parah di dalam tubuh. Sebelum terlambat, ada baiknya mengenali tanda-tanda kesehatan melalui lidahmu.

Timbul bercak putih

Bercak putih di lidah bisa berarti sariawan atau infeksi jamur. Hal ini biasa terjadi setelah sakit. Namun jika bercak putih tidak hilang dalam waktu yang lama bisa jadi itu pertanda leukoplakia yang bisa menyebabkan kanker.

Berambut

Jika lidah berubah warna menjadi coklat, hitam, atau putih yang berbentuk seperti bulu, bisa jadi itu akibat dari terkumpulnya protein dimana makanan dan bakteria terperangkap. Namun itu bisa hilang ketika disikat. Apabila tidak hilang ketika disikat, bisa jadi itu karena terjadinya infeksi virus penyebab HIV.

Merah menyala

Lidah yang tiba-tiba berubah warna menjadi merah bisa menunjukkan sedang menderita penyakit kawasaki, yaitu suatu keadaan terjadinya radang pada aliran darah di seluruh tubuh. Penyakit ini banyak menyerang anak-anak. Ciri-ciri lidah seperti ini juga bisa diindikasikan terkena demam berdarah dan akibat dari kekurangan vitamin b3.

Terasa terbakar

Jika lidah terasa melepuh dan pahit seperti terkena kopi panas, berarti ada masalah pada sistem saraf di lidah. Penyebab lain yang mengakibatkan lidah terasa terbakar adalah ketidakcocokan pasta gigi, permen, dan bahkan karena penyakit parah diabetes.

Ulasan di atas setidaknya bisa digunakan sebagai bekal untuk mengetahui kesehatan dari kondisi lidah. Jika mengalami masalah pada lidah yang berkelanjutan dan tidak kunjung sembuh, segeralah periksa ke dokter agar tidak menjadi semakin parah.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id