Mobile Site

Haruskah Puasa Sebelum Tes Darah Atau Cek Kesehatan?

Kesehatan 45 View

Haruskah-Puasa-Sebelum-Tes-Darah-Atau-Cek-Kesehatan

(sumber gambar: hellosehat.com)

Kabarmaya.co.idKetika akan melamar pekerjaan atau masuk sebuah instansi, ada beberapa tes atau cek kesehatan terlebih dahulu. Contohnya saja ketika akan membuat Surat Ijin Mengemudi (SIM) baik kendaraan roda dua ataupun roda empat pastinya harus melakukan cek kesehatan terlebih dulu. Cek kesehatan berguna untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh dan akurat. Pemeriksaan ini bisa dilakukan oleh siapapun, tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Sebaiknya dilakukan setiap tahunnya agar mengetahui bagaimana kondisi kesehatan tubuh.

Ketika melakukan cek darah dan tes kesehatan beberapa orang disarankan untuk melakukan puasa terlebih dahulu. Bagi yang belum tahu manfaat berpuasa sebelum melakukan cek kesehatan, mari simak ulasan berikut ini.

Untuk mendapatkan diagnosis yang akurat. Semua prosedur yang dianjurkan oleh dokter merupakan intruksi yang harus dijalani. Hal ini berguna untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan akurat sehingga tidak diperlukan pemeriksaan tambahan yang akan menyita waktu dan tidak perlu.

Puasa sebelum cek kesehatan penting agar kandungan gizi dalam makanan tidak berdampak pada tingkat glukosa darah, lemak, dan zat besi di dalam tubuh. Setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi akan berpengaruh dalam tubuh, maka pasien dianjurkan untuk berpuasa terlebih dahulu agar hasil pemeriksaan lebih akurat. Namun pasien masih boleh minum air putih agar tidak dehidrasi. Puasa memang berat karena tidak makan selama kurang lebih 10 jam.

Sebaiknya lakukan cek kesehatan saat pagi hari, karena ketika pagi tubuh terasa bugar setelah semalaman beristirahat. Jadi tidak perlu berpuasa, karena ketika tidur malam pasien akan berhenti makan lebih dari 10 jam. Ini akan memudahkan pasien yang akan menjalani tes kesehatan. Jika kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk berpuasa, jangan dipaksa. Cek kesehatan setiap tahun sangat penting untuk setiap orang untuk mencegah bibit-bibit penyakit yang timbul di tubuh nantinya. Jadi jangan malas untuk melakukan tes kesehatan ya!

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id