Mobile Site

Stres Berkepanjangan Picu Kanker Mulut

Kesehatan 38 View

Stress-Berkepanjangan-Picu-Kanker-Mulut

(sumber gambar: brainfacts.org)

Kabarmaya.co.idSetiap orang pasti pernah mengalami sariawan, apalagi ketika udara sedang panas. Terlalu banyak mengkonsumsi es juga dapat menyebabkan timbulnya sariawan. Sariawan juga dapat disebabkan karena tidak sengaja tergigit dan tersodok sikat gigi. Namun belakangan ini diketahui bahwa kesehatan jiwa seseorang juga dapat mempengaruhi hadirnya sariawan. Saat seseorang mengalami stres dapat menyebabkan terjadinya sariawan. Ketika stres sistem imun menjadi rendah, karena menurunnya sistem pertahanan lokal maka semakin mudah terjangkit suatu penyakit yang salah satunya sariawan.

Menurut beberapa penelitian ketika seseorang sedang mengalami stres dan bisa saja orang tersebut mengkonsumsi gorengan atau makanan berkuah yang panas yang akan memicu datangnya sariawan. Kondisi tersebut membuat lepasnya permukaan sel di lapisan mukosa. Saat lapisan tersebut lepas saraf-saraf di dalamnya akan terbuka, itulah yang mengakibatkan sariawan mengakibatkan rasa nyeri.

Dampak yang ditimbulkan dari stres berkepanjangan ternyata tidak hanya sariawan. Seorang dokter mengatakan bahwa kerap menjumpai pasien kanker mulut yang ternyata mempunyai stres. Menurutnya 58% pasien mengalami kanker mulut karena dampak yang ditimbulkan dari stres yang berkepanjangan. Contohnya seperti seorang istri yang mempunyai masalah diselingkuhi oleh suaminya, dan mengalami stres yang akhirnya terkena kanker mulut. Walaupun bukan satu-satunya penyebab namun ini semua ada kaitannya.

Hubungan antara stres dan kanker mulut diketahui dari seorang dokter yang bertanya kepada setiap pasiennya. Misalnya pada salah satu pasien laki-laki yang menderita kanker mulut yang ternyata sebelum terkena kanker ia mengalami depresi yang berkepanjangan akibat dari permasalahan keuangan di bisnis yang sedang dijalaninya. Seorang dokter menyarankan jangan terlalu lama mengalami stres jika tidak ingin terkena kanker mulut.

Jika sedang merasa mengalami stres lebih baik segera berkonsultasi ke dokter atau psikolog agar tidak mengalami stres berkepanjangan sehingga dapat segera diatasi dan tidak menjadi semakin parah. Dapat juga diatasi dengan melakukan hal-hal yang dapat menghilangi atau mengurangi stres seperti berlibur, berkumpul bersama teman atau sahabat. Curhat ke orang yang dirasa dekat juga dapat membantu memecahkan masalah.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id