Mobile Site

Ketahui Sebab Sering Lelah Saat Beraktivitas

Kesehatan 54 View

Ketahui-Sebab-Sering-Lelah-Saat-Beraktivitas

(sumber gambar: Tribunnews.com)

Kabarmaya.co.idRasa lelah yang muncul secara tiba-tiba saat seseorang sedang melakukan aktivitas pekerjaan akan sangat mengganggu. Pastinya keadaan seperti ini akan membuat pekerjaan menjadi kacau dan tidak dapat selesai tepat waktu. Lelah adalah kondisi ketika energi mengalami penurunan setelah melakukan kegiataan yang padat dan terbilang berat. Namun jika rasa lelah itu sering muncul padahal tidak sedang melakukan pekerjaan yang berat, mungkin ada yang bermasalah dalam tubuh atau mungkin saja karena kurang tidur.

Lelah yang terlalu sering muncul tersebut akan menjadikan hari yang kurang produktif. Maka dari itu, ketahuilah penyebab rasa lelah tiba-tiba datang saat melakukan aktivitas. Dengan mengetahuui penyebabnya terlebih dahulu, diharapkan akan ada pencegahan agar tubuh tidak merasa lelah berlebihan.

Kesehatan yang terganggu – Lelah bisa muncul akibat kesehatan tubuh yang tidak stabil. Kelelahan dapat disebabkan karena berbagai macam penyakit seperti anemia, diabetes, masalah tiroid, hingga penyakit jantung. Berat badan juga menjadi penyebab munculnya rasa lelah. Berat badan yang berlebihan akan membuat tubuh bekerja lebih berat sehingga menjadi mudah lelah. Sedangkan badan yang kurus membuat otot tidak kuat mengangkat beban yang berat sehingga membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah.

Jarang berolahraga – Menurut penelitian berolahraga 20 menit dapat mengurangi rasa lelah dan letih saat bekerja. Maka biasakan diri untuk berolahraga, karena olahraga dapat membuat badan lebih segar dan bersemangat.

Melewatkan sarapan pagi – Sarapan sangat penting untuk memberikan asupan energi saat sedang beraktivitas. Namun masih banyak sekali orang yang tidak menyadarinya dan memilih untuk melewatkan sarapan.

Kurangnya zat besi – Ketika tubuh kekurangan zat besi maka tubuh akan mengalami anemia sehingga tubuh akan menjadi lemas, lesu, dan tidak bertenaga. Karena sel di dalam tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup, hal itu juga dapat menurunkan konsentrasi dan fokus. Untuk menambah zat besi dapat mengkonsumsi sayur-sayuran, kacang-kacangan, tahu, telur, dan makanan lainnya yang mengandung zat besi.

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab lelah dari dalam tubuh. Jika ingin tubuh selalu segar dan bugar utnuk produktif bekerja setiap hari, maka lakukan kegiatan-kegiatan positif yang baik bagi kesehatan tubuh seperti berolahraga dan konsumsi makanan sehat.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id