Mobile Site

Manfaat Senam Pagi Untuk Meningkatkan Prestasi Anak

Kesehatan 31 View

Manfaat-Senam-Pagi-Untuk-Meningkatkan-Prestasi-Anak

(sumber gambar: akti.ac.id)

Kabarmaya.co.id Senam pagi merupakan olahraga kebugaran jasmani yang dapat menyehatkan tubuh dan dapat mencegah berbagai macam penyakit yang akan menyerang tubuh. Dalam senam terjadi seni olahraga karena gerakannya yang bervariasi dan unik yang disatukan dalam gerakan senam. Senam juga dapat digunakan untuk membentuk tubuh agar menjadi lebih ideal. Senam dapat dilakukan secara bersama-sama baik dengan teman, keluarga, atau saudara. Karena manfaat senam sangat banyak, kegiatan menyehatkan ini dijadikan salah satu aktivitas rutin sekolah-sekolah setidaknya 1 kali dalam satu minggu. Untuk yang penasaran dengan manfaat senam pagi di sekolah, mari simak ulasan manfaat senam pagi bagi tubuh berikut ini!

Meningkatkan kebugaran fisik – Gerakan senam sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dengan senam maka hormon adrenalin akan terproduksi sehingga detak jantung akan lebih cepat. Dengan demikian dapat menghindari penyakit kardiovaskular. Dengan senam otot tubuh juga akan bekerja sehingga dapat menurunkan cidera otot dan persendian.

Memberikan rasa bahagia – Saat melakukan senam pagi, maka otak akan terangsang untuk melepaskan hormon endorphin yang berfungsi berguna untuk memperbaiki mood, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berguna untuk menurunkan kadar stres, serta dapat meningkatkan daya ingat juga konsentrasi anak.

Meningkatkan kemampuan akademis – Banyak penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang rajin melakukan senam tampil lebih baik bila dibandingkan dengan anak-anak yang tidak melakukan senam. Ikut dalam kegiatan senam membuat anak-anak mampu lebih fokus pada tugas-tugas mereka sehingga dapat meningkatkan kemampuan akademik.

Meningkatkan sportivitas – Anak-anak yang rutin melakukan senam disekolah juga akan dapat mengasah keterampilan sportivitas dengan baik. Ketika diadakan kompetisi di sekolah akan membuat anak-anak selalu melakukan yang terbaik bagi diri sendiri juga bagi tim.

Lebih mudah bersosialisasi – Senam sangat baik untuk membangun jaringan sosial pada anak secara instan. Karena dengan begitu pertemanan anak akan semakin luas yang memudahkan proses sosialisasi.

Melatih ketekunan – Dengan senam dan kompetisi senam anak-anak diajarkan untuk belajar dengan tekun. Saat kompetisi anak-anak juga belajar menerima kekalahan sehingga dapat memperbaiki kesalahan dan melakukan yang terbaik.

Nah itu tadi beberapa manfaat senam bagi tubuh dan kesehatan otak. Biasakan untuk melakukan olahraga sedini mungkin bai di rumah maupun di sekolah. Hal yang dilakukan sejak dini akan menjadi kebiasaan hingga dewasa kelak.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id