Mobile Site

Manfaat Madu Untuk Wajah

kecantikan 8 View

20 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Madu adalah salah satu sumber makanan yang dihasilkan dari lebah madu. Rasanya manis dan sangat enak untuk dijadikan selai atau campuran makanan dan minuman. Madu kini mudah dijumpai dan bahkan kini sudah banyak kemasan yang dijual sehingga tidak perlu repot untuk mencarinya ke hutan. Dibalik rasanya yang manis, ternyata madu menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan!

Sumber Nutrisi Yang Lengkap

Dengan mengonsumsi madu setiap hari, hal ini sama dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh seseorang. Sehingga madu menjadi salah satu cairan manis yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena mengandung sejumlah nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin, mineral, dan lainnya.

Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Karena madu kaya akan kandungan nutrisi yang lengkap, mengonsumsi madu juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Tidak hanya itu saja, madu juga mampu meningkatkan sistem metabolisme. Jika ingin sistem metabolisme tubuh berjalan baik setiap harinya dan tidak ada masalah maka konsumsi madu secara rutin dan teratur.

Mengurangi Batuk

Batuk yang cukup menyiksa ternyata bisa berkurang dengan mengonsumsi madu. Hal ini terjadi karena senyawa dekstrometorfan di dalam madu bisa menghilangkan rasa gatal dan menenangkan batuk yang kamu alami. Jangan langsung konsumsi obat kimia saat batuk, cobalah minum madu dengan dicampurkan kedalam perasan air jeruk hangat atau air jahe.

Mencegah Terjadinya Kanker

Antioksidan di dalam madu bisa mengurangi dan mencegah terjadinya kanker di waktu yang akan mendatang. Manfaat ini lebih efektif jika kamu mengonsumsi madu secara rutin. Dengan kata lain bahwa madu mampu untuk menekan pertumbuhan dan kemunculan dari sel sel kanker di dalam tubuh. syaratnya cukup mudah yaitu dengan konsumsi madu secara teratur dan rutin.

Meningkatkan Daya Ingat

Gangguan short term memory atau kesulitan untuk mengingat ternyata bisa diatasi dengan cara mudah, yaitu mengonsumsi madu secara rutin. Dalam setiap hari, minimal kamu mengonsumsi madu sebanyak 20 g. Jika dilakukan secara rutin dan berkelanjutan maka keluhan dan gangguan kesehatan ini akan mampu diatasi.

Mengurangi Resiko Terjadinya Penyakit Jantung

Selain bermanfaat sebagai pencegah kanker, madu yang mempunyai kandungan antioksidan bisa dimanfaatkan juga untuk mengurangi terjadinya penyakit jantung dan menghindari resiko serangan jantung. Hal ini karena sejumlah nutrisi yang terdapat pada madu akan mampu untuk melancarkan sistem peredaran darah di jantung sehingga tidak ada penyumbatan dan mencegah pembekuan darah.

Meningkatkan Stamina

Dengan pemenuhan nutrisi yang lengkap dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh karena mengonsumsi madu, hal ini tentu akan berdampak untuk meningkatkan stamina. Madu juga banyak dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan minuman peningkat stamina.

Membasmi Bakteri Dalam Tubuh

Sebuah penelitian dari beberapa studi klinis mengungkapkan bahwa madu berperan penting dalam membasmi bakteri yang berbahaya bagi tubuh seperti esterichia coli, salmonella, methicillin-resistant staphylococcus aureus bisa menyebabkan sakit. Untuk mencegahnya kamu bisa mengonsumsi madu secara rutin.

Mengobati Luka Luar

Menurut hasil penelitian yang sudah banyak dilakukan, madu terbukti menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati luka. Proses penyembuhan luka akan lebih cepat jika kamu mengoleskan langsung madu murni ke bagian tubuh yang mengalami luka.

Sebagai Obat Diabetes Alami

Meskipun madu rasanya manis, madu ternyata bisa menjadi obat diabetes alami. Kombinasi fruktosa dan glukosa yang ada di dalamnya bisa membantu tubuh untuk mengatur kadar gula dalam darah.

Membantu Menghilangkan Alergi

Saat ini banyak yang sudah memanfaatkan madu sebagai penghilang alergi. Dengan megonsumsi madu, jejak serbuk sari bunga nantinya akan bekerja sama dengan paparan alergen untuk memerangi reaksi alergi.

Membantu Tumbuh Kembang Janin

Bagi ibu hamil, madu memiliki manfaat tersendiri diantaranya :

  • Menambah tenaga
  • Memperkuat daya tahan tubuh
  • Meningkatkan sistem imun
  • Menambah nafsu makan selama kehamilan
  • Membantu tumbuh kembang janin dengan baik
  • Mengurangi rasa mual
  • Mencegah terjadinya penyakit selama hamil

Melembabkan Bibir

Madu bisa dijadikan sebagai bahan pelembab alami untuk bibir yang tentunya aman digunakan. Jadi daripada kamu membeli lipbalm yang belum tahu aman atau tidak kandungan didalamnya, lebih baik olesi bibir dengan madu secara rutin setiap sebelum tidur.

Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Bibir yang kering biasanya menjadi titik awal terjadinya pecah-pecah. Nah untuk mengurangi sekaligus mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan madu yang kaya akan bahan alami sebagai pelembab untuk bibir.

Memberi Warna Merah Pada Bibir

Manfaat terakhir madu untuk bibir yaitu bisa mengembalikan warna merah alami pada bibir. Siapkan madu alami secukupnya, kemudian aplikasikan ke bibir setiap hari secara rutin. Agar lebih efektif kamu bisa menggunakannya sebelum tidur. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal dan terasa khasiatnya.

Membuat Rambut Lebih Berkilau

Tak banyak yang tahu, ternyata madu bisa membuat rambut terlihat lebih berkilau. Cara penggunaannya kamu bisa menjadikan madu sebagai masker rambut dengan waktu pemakaian dua hari sekali. Namun sebelumnya pastikan bahwa kamu sudah membersihkan rambut terlebih dahulu. Masker rambut dari campuran madu ini saat ini semakin banyak digunakan mengingat khasiatnya luarr biasa.

Menguatkan Akar Rambut

Dengan masker rambut berbahan dasar madu, rambut tidak hanya berkilau. Namun akar-akar rambut itu sendiri bisa lebih kuat sehingga dapat mencegah terjadinya kerontokan dan kebotakan. Untuk merasakan manfaatnya, gunakan masker rambut secara rutin.

Menghitamkan Warna Rambut

Madu memiliki kandungan alami yang bermanfaat untuk menghitamkan warna rambut. Jadi kamu tidak perlu lagi membeli pewarna rambut buatan jika bahan alami seperti madu saja sudah efektif digunakan untuk memberi warna hitam pada rambut.

Mencegah Penuaan Dini

Di dalam madu terdapat vitamin C yang bermanfaat penting untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Tidak perlu mahal-mahal membeli produk kecantikan yang terbuat dari bahan kimia tidak aman, madu bisa dijadikan pilihan tepat sebagai solusi mencegah penuaan dini. Konsumsi saja madu secara rutin dan teratur setiap harinya dan rasakan manfaatnya untuk selalu tampil segar.

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat terakhir dari madu yaitu bisa menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh terutama kulit bagian wajah yang selalu terpapar polusi jahat. Nah, dengan mengoleskan madu atau bahkan diminum secara langsung hal tersebut mampu mencegah radikal bebas. Zat atau senyawa antioksidan pada madu mampu untuk menangkal semua benda asing yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Demikian itulah beberapa manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda rasakan. Konsumsi madu secara rutin dan teratur untuk mendapatkan khasiatnya. Pastikan Anda mendapatkan madu asli bukan madu campuran. Hal ini karena madu campuran mengandung banyak gula yang justru berbahaya untuk kesehatan tubuh dibandingkan dengan khasiatnya.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id