Home Informasi Travel Menjelajahi Pesona Eksotisme Pulau Borneo

Menjelajahi Pesona Eksotisme Pulau Borneo

345
0
Menjelajahi-Pesona-Eksotisme-Pulau-Borneo-Hutan-Wehea
Hutan Wehea (sumber gambar: Klik Sangatta

Kabarmaya.co.idJika Anda masih bingung menentukan tempat mana yang akan kalian kunjungi untuk berlibur, maka Kalimantan Timur bisa jadi pilihan yang tepat. Tidak hanya terkenal dengan Orang Utan dan Batu Bara, di Kalimantan Timur banyak destinasi wisata yang sangat layak dikunjungi.

Jauh dari hiruk pikuk perkotaan seperti Ibu Kota Jakarta, Kalimantan Timur banyak menawarkan wisata alam yang ajarang ditemukan di kota-kota besar. Belum banyaknya polusi menyebabkan wisata di daerah ini masih menyimpan udara yang sangat sejuk. Mana saja wisatanya? Simak ulasan berikut ini:

Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau

5-destinasi-wisata-indonesia-yang-wajib-dikunjungi-traveller-kepulauan-derawan
Kepulauan Derawan

Tidak diragukan lagi Pulau Derawan terkenal dengan keindahannya. Di salah satu pulau, yakni Pulau Sangalaki kalian bisa melakukan diving di beberapa spot. Sedangkan di Pulau Maratua Anda bisa berenang bebas bersama ubur-ubur yang jinak dan juga merupakan surge bagi pecinta snorkeling untuk menikmati waktu liburan.

Danau Labuan Cermin, Biduk-Biduk

Menjelajahi-Pesona-Eksotisme-Pulau-Borneo-Danau-Labuan-Cermin
Danau Labuan Cermin (sumber gambar: Indonesia Kaya)

Danau ini memiliki air yang bening serupa cermin. Selain itu, danau ini memiliki dua rasa yaitu asin di permukaan dan tawar di dasar danau. Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur, enam hingga tujuh jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur.

Liang Mangkulangit, Kabupaten Paser

Menjelajahi-Pesona-Eksotisme-Pulau-Borneo-Liang-Mangkulangit
Liang Mangkulangit (sumber gambar: Pesona Indonesia)

Gunung Karst satu ini terlihat seperi menopang langit dengan sungai di bawahnya. Pemandangannya sangat asri dan eksotik. Wisata ini cocok untuk Anda yang kemar berpetualang dan menikmati keindahan alam.

Hutan Wehea dan Upacara Adat Lom Plai, Kutai Timur

Menjelajahi-Pesona-Eksotisme-Pulau-Borneo-Hutan-Wehea
Hutan Wehea (sumber gambar: Klik Sangatta)

Di tengah ekspansi perkebunan sawit, Hutan Wehea dengan segala potensinya perlu dijaga dengan baik dan digaungkan namanya agar tak hilang jadi lahan sawit. Upacara adat Lom Plai pun rutin diadakan untuk menarik para wisatawan dan mengenalkan kearifan lokal masyarakat Wehea. Di daerah ini Anda juga bisa bertemu dan berinteraksi dengan suku asli di Kalimantan, Suku Dayak.

 

Loading...