Home Informasi Travel Punya Sederet Wisata Hits, Klaten Jadi Salah Satu Contoh Pengembangan Daerah Wisata

Punya Sederet Wisata Hits, Klaten Jadi Salah Satu Contoh Pengembangan Daerah Wisata

352
0
Punya-Sederet-Wisata-Hits,-Klaten-Jadi-Salah-Satu-Contoh-Pengembangan-Daerah-Wisata
Umbul Ponggok (sumber gambar: LiburMulu.Com)

Kabarmaya.co.idTepatnya di Desa Ponggok Klaten ada sederet objek wisata yang kian hits dan jadi tujuan para wisatawan, tak terkecuali bagi wisatawan dari luar kota. Dengan memanfaatkan dana desa yang dikucurkan oleh Negara, Desa Ponggok kini telah memanen penghasilan desanya dari wisata. Pemerintah sejak tahun 2015 memang memiliki program untuk pembangunan desa agar masyarakatnya bisa lebih sejahtera.

Keputusan warga Desa Ponggok untuk memajukan sektor pariwisata dengan dana tersebut dinilai sangat tepat sasaran. Dari 2015, dana yang turun dari pemerintah terus mengalami peningkatan dan sudah disalurkan untuk memperbaiki infrastruktur hingga mengembangkan pariwisata. Ratusan meter jalan desa jadi beraspal, sanitasi dan MCK di tempatkan pada puluhan tempat. Untuk tahun ini dana yang dikucurkan senilai Rp 634 juta, lebih banyak dari tahun sebelumnya yaitu Rp 622 juta. Penghasilannya juga tidak sedikit, bahkan mencapai ratusan juta rupiah.

Pemerintah Desa Ponggok sendiri berusaha mendorong lembaga desa serta warganya berperan aktif dalam proses pembangunan. Warga setempat berhasil bahu membahu dalam meningkatkan pendapatan desam salah satunya dibuktikan dengan wisata Umbul Ponggok yang kini tengah menjadi objek wisata Klaten yang hits di sosial media. Wisata ini sangat indah dengan pernak-pernik dan spot selfie kekinian.

Bahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani menyempatkan mengunjungi tempat ini. Menurutnya, ini merupakan contoh baik dimana dana desa digunakan untuk meningkatkan asset produktif dari masyarakat. Keberhasilan Desa Ponggok tentu bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah terpencil yang lain untuk memanfaatkan potensi yang ada. Bukan saja warganya yang sejahtera tetapi wisatawan yang berkunjung juga lebih bahagia.

Loading...