Mobile Site

3 Vitamin Yang Dibutuhkan Untuk Menambah Nafsu Makan Anak-Anak 

Kesehatan 10 View

Anak tidak nafsu makan berakar pada banyak penyebab berbeda dan salah satu penyebab paling umum adalah kekurangan vitamin untuk waktu yang lama. Untuk menambah nafsu makan anak, Anda harus terbiasa dengan 3 vitamin berikut untuk mencegah anak tidak nafsu makan seperti Vitamin B12, Seng dan Vitamin D.

3 Vitamin Yang Dibutuhkan Untuk Menambah Nafsu Makan Anak-Anak

Seng

Seng merupakan komponen lebih dari 300 enzim yang terlibat dalam aktivitas tubuh seperti peningkatan penyerapan, peningkatan sintesis protein, peningkatan nafsu makan. Kekurangan seng dapat menyebabkan kekurangan enzim dalam air liur, sehingga akan mempengaruhi sensasi rasa dan kehilangan nafsu makan.

Anak-anak sering menderita kekurangan seng karena asupan makanan yang tidak memadai, dan pola makan yang tidak memadai atau juga ibu yang memproses makanan yang tidak sehat, sehingga kandungan seng dalam makanan menjadi hilang.

Cara menambah seng:

Seperti yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kebutuhan seng untuk anak-anak tergantung pada setiap usia. Anak-anak di bawah 3 bulan akan membutuhkan sekitar 3mg seng per hari, anak-anak usia dari 5 bulan – 12 bulan membutuhkan 5-8 mg / hari, sedangkan pada anak-anak dari 1 tahun – 10 tahun membutuhkan seng sekitar 10-15 mg / hari.

Ibu dapat melengkapi makanan anak dengan seng melalui menu harian seperti meanambahkan udang, belut, tiram, tiram, susu, daging sapi, kuning telur, ikan, kedelai, biji minyak (almond, kacang mete, kacang tanah), dan ubi jalar. Selain itu, agar anak-anak dapat menyerap seng dengan baik, Anda juga perlu menambahkan Vitamin C kepada anak-anak dari buah seperti jeruk, lemon, jeruk keprok, dan jeruk bali.

Vitamin D

Vitamin D  dapat mendukung penyerapan seng, serta vitamin dan mineral lainnya, seperti kalsium, magnesium, zat besi, fosfor dan Vitamin A. Tanpa adanya Vitamin D, tubuh Anda tidak dapat menyerap cukup seng dan menyebabkan hilangnya nafsu makan seperti disebutkan di atas. Selain itu, kekurangan vitamin D juga dapat membuat tubuh anak cepat lelah setelah beraktifitas.

Cara tambahan:

Pusat Konsultasi Nutrisi (National Institute of Nutrition) mengatakan bahwa Vitamin D memiliki sangat sedikit makanan alami, kecuali beberapa terdapat pada ikan laut berlemak. Jadi Anda harus memilih menu dengan sangat hati-hati. Selain diet yang bervariasi, anak Anda harus berjemur secara teratur di bawah sinar matahari sehingga tubuh dapat dengan mudah menyerap vitamin D.

Vitamin B12

Menurut penelitian “Genetic Metabolic Disease”, nafsu makan dapat menurun secara signifikan ketika anak yang kekurangan vitamin B12. Itu artinya, Vitamin B12 memainkan peran penting dalam merangsang nafsu makan anak Anda.

Seperti dilansir dari University of Maryland Medical Center, Vitamin B12 sebanyak 0,9 mg dibutuhkan oleh anak usia 1 hingga 3 tahun dan 1,2 mg untuk anak dengan usia 4-8 tahun. Anda dapat memberi anak Anda suplemen Vitamin B12 dengan instruksi dokter Anda atau Anda dapat menggunakan Vitamin B12 dari alam yang terdapat pada telur, produk susu, hati, daging sapi, dan ikan.

Itulah yang dapat kami informasikan kepada Anda tentang 3 Vitamin Yang Dibutuhkan Untuk Menambah Nafsu Makan Anak-Anak, sehingga ketika vitamin ini sudah ditambahkan pada Anak Anda, Anak menjadi lebih nafsu untuk makan.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id