Mobile Site

Arti Warna BAB Bayi Usia di Bawah 1 Tahun

Kesehatan 13 View

Apa yang moms lihat di popok bayi bab memiliki warna yang tidak biasa? Jika hal ini terjadi pada bayi Anda, maka moms bisa menganalisi kondisi kesehatan bayi dari warna bab tersebut. Warna dan bentuk bab bayi Anda akan bervariasi sesuai dengan jenis susu dan makanan yang dimakan bayi Anda. Berikut ini akan kami jelaskan arti warna bab bayi usia di bawah 1 tahun.

Arti Warna BAB Bayi Usia di Bawah 1 Tahun

Pada dasarnya, bab bayi baru lahir dianggap normal atau tidak, tergantung dari dua faktor: jumlah bulan bayi Anda dan jenis susu dan makanan yang dimakan bayi Anda.

1. BAB bayi yang baru lahir dilahirkan

Bayi yang baru lahir biasanya memiliki kotoran dalam warna hitam yang sedikit bercampur hijau, berlendir dan lengket mirip dengan oli motor, bab jenis ini disebut meconium, 2-4 hari setelah lahir, tinja bayi akan mulai berubah, warna hijau pada bab memudar dan tidak lagi lengket.

2. BAB bayi yang disusui ASI

Untuk bayi yang disusui ASI, warna bab dianggap kondisi normal ketika berwarna kuning krem, hijau atau coklat muda. BAB juga bertekstur lunak dan encer, kadang-kadang ibu mungkin keliru mengira bayi terkena diare. Suatu hal khusus adalah bahwa bab bayiyang disusui tidak berbau seperti bau tinja yang normal.

3. BAB bayi diberi susu formula

BAB bayi yang minum susu formula bayi biasanya berwarna kuning atau coklat, dengan konsistensi tekstur seperti selai kacang. Bayi yang mengonsumsi susu formula cenderung berukuran lebih besar dan berbau daripada yang munum ASI.

4. BAB bayi berwarna hijau

Terkadang Anda akan melihat bab bayi tiba-tiba memiliki warna hijau yang tidak normal, terutama bayi yang sedang dalam masa sapih. Kemungkinan besar karena makanan bayi makan makanan mengandung suplemen zat besi seperti kacang tumbuk, bayam atau makanan hijau.

5. BAB bayi berwarna oranye, kuning atau coklat

Ini adalah warna yang sangat normal untuk tinja bayi yang disusui.

6. BAB bayi Anda memiliki darah hitam

Terkadang, jika Anda perhatikan dengan teliti, Anda mungkin menemukan darah hitam pada BAB bayi. Ini membuktikan bahwa bayi telah mencerna darah dalam ASI karena mungkin terjadi pendarahan saat menyusui ibu. Dengan tinja jenis ini, walaupun tidak terlalu berbahaya bagi anak-anak, ibu harus berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa darahnya tidak berasal dari gejala yang tidak biasa.

7. BAB bayi Anda berwarna putih gading

Jika mom melihat tinja bayi berwarna putih gading, mom harus memperhatikan fakta bahwa sistem pencernaan bayinya mengalami masalah, karena tubuhnya tidak dapat mencerna jenis makanan apa pun. Ini kemungkinan besar pertanda bahwa organ hati atau pankreas bayi Anda tidak normal.

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang Arti Warna BAB Bayi Usia di Bawah 1 Tahun, sehingga moms bisa lebih memahami kondisi sang buah hati apakah sehat atau dalam kondisi tidak sehat melalui warna babnya.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id