Mobile Site

Perawatan bronkitis Pada Ibu Hamil

Kesehatan 2 View

Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh wanita akan menurun, sehingga membuat lebih rentan terhadap penyakit pernapasan seperti bronkitis. Gejala bronkitis selama kehamilan tidak hanya akan membuat wanita tidak nyaman tetapi juga dapat membahayakan janin. Karena itu, wanita hamil harus mengetahui perawatan bronkitis Pada Ibu Hamil dengan baik dan benar di bawah ini.

Apakah bronkitis selama kehamilan dapat memengaruhi janin?

Bronkitis selama kehamilan terutama disebabkan karena bakteri dan virus dari lingkungan sekitarnya tempat tinggal. Kondisi kesehatan yang memburuk akibat bronkitis ini dapat menyebabkan gejala seperti batuk kering atau batuk berdahak, demam, nyeri dada dan juga dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Batuk bronkitis selama kehamilan tidak hanya menyebabkan kelelahan dan ketidaknyamanan pada ibu tetapi juga membahayakan janin seperti janin:

  • Risiko kelahiran prematur.
  • Berat badan lahir rendah
  • Janin kekurangan oksigen berlebihan ketika ibu menderita batuk yang berkepanjangan karena bronkitis.
  • Anak-anak dengan spina bifida setelah lahir atau bahkan kematian.

Antibiotik merupakan pengobatan umum untuk bronkitis, tetapi bagi wanita hamil ini bukanlah pilihan yang baik. Karena antibiotik seperti doksisiklin atau pun minosiklin dapat menyebabkan kerusakan hati selama kehamilan atau menyebabkan komplikasi berbahaya bagi janin seperti kelainan bentuk atau juga prematur.

Spesialis sering merekomendasikan wanita hamil ketika batuk karena bronkitis ringan untuk beristirahat dan melakukan perawatan di rumah. Namun, jika kondisinya menjadi lebih buruk, antibiotik mungkin diperlukan dan disarankan dokter untuk memastikan keselamatan ibu dan anak selama kehamilan.

Perawatan bronkitis Pada Ibu Hamil

Saat hamil dan terkena bronkitis, wanita hamil dapat menerapkan sejumlah obat dari herbal dari bahan alami yang aman di bawah ini.

  • Garam dicampur dengan kunyit
  • Madu
  • Bawang
  • Blueberry
  • Jahe segar
  • Minyak esensial kayu putih atau mint

Itulah yang dapat kami sampaikan kepada Anda tentang Perawatan bronkitis Pada Ibu Hamil, Anda dapat memcoba berbagai obat dari bahan alami yang kami sebutkan diatas, tapi jika setelah mencoba mengkonsumsi beberapa bahan alami tersebut tidak ada efek kondisi yang membaik sebaiknya segera menemui dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Untuk yang ingin mencari informasi lainnya tentang penyakit ini silahkan simak artikel tentang Penyebab, Tanda dan Gejala Bronkitis pada Ibu Hamil.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id