Mobile Site

Tanda Gejala dan Pengobatan Campak Pada Bayi Baru Lahir

Kesehatan 2 View

Campak pada bayi baru lahir merupakan salah satu penyakit menular akut. Ini merupakan penyakit umum pada anak-anak dan sangat berbahaya bagi bayi baru lahir. Penyakit ini harus dideteksi segera dan diobati dengan benar dan tepat waktu. Kalau tidak, bisa menyebabkan komplikasi, bahkan kematian pada bayi.

Apa itu campak?

Banyak orang tua sering salah paham antara campak dan ruam. Karena, kedua penyakit ini tidak sama. Orang tua perlu membedakan di antara kedua penyakit ini sehingga ketika seorang anak sakit, orang tua memiliki perawatan yang tepat.

Ruam merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus biasa dan sebagian besar temasuk jinak. Sementara itu, campak pada anak-anak merupakan kasus infeksi akut. Di antara kedua penyakit ini memiliki gejala dan juga manifestasi yang berbeda. Orang tua harus dapat mengandalkan perbedaan mendasar untuk membedakan kedua penyakit ini.

Tanda-tanda campak pada bayi baru lahir

Selama masa inkubasi, tanda-tanda bayi dengan campak hampir sama dengan anak-anak dengan ruam. Biasanya penyakit menyerang selama 1 minggu. Pada saat ini, bayi akan cepat lelah, lesu, demam tinggi, dan anoreksia. Mungkin juga anak akan mengalami sakit pada otot. Bahkan anak-anak mungkin juga dapat mengalami diare atau muntah.

Perbedaan kecil penyakit ini bahwa anak-anak dengan campak sering memiliki gejala batuk. Selain itu, anak akan mengalami hidung berair dan mata merah.

Perbedaan ruam karena campak dan ruam biasa

Orang tua akan bisa membedakan ruam biasa dan campak dengan lebih jelas pada tahap pertama perkembangan penyakit. Secara khusus perbedaan sebagai berikut:

Ruam campak: Ruam akan muncul di telinga terlebih dahulu. Kemudian Anda menyebar ke bagian wajah, menyebar ke dada, perut dan terakhir menyebar ke seluruh tubuh. Dan ruam akan menghilang dalam urutan yang sama seperti waktu muncul. Ruam yang disebabkan oleh campak, tidak boleh digaruk. Karena setelah ruam hilang akan meninggalkan memar.

Ruam biasa : Anak-anak akan mengalami ruam setelah demam menurun. Ruam akan muncul dalam jumlah besar dan setelah hilang sering kali tidak akan menunjukkan bekas.

Pengobatan campak pada bayi baru lahir

Jika seorang anak terekena ruam biasa penyakit ini termasuk jinak, tapi jika terkena campak akan lebih berbahaya. Anak-anak dengan ruam hanya perlu perawatan gizi bayi yang benar, menjaga kebersihan tubuh, penyakit akan hilang dengan sendirinya. Biasanya setelah 5-7 hari dan tidak akan ada komplikasi.

Tapi penyakit campak tidak sama. Campak mungkin akan memiliki lebih banyak komplikasi. Terutama ketika tidak terdeteksiĀ  dini dan diobati segera, atau anak memiliki resistensi yang buruk.

Kemungkinan komplikasi jika tidak segera diobati akan mengalami otitis media, pneumonia, ensefalitis, dan keratitis yang dapat menyebabkan kebutaan.

Jadi Anda harus melakukan vaksinasi campak pada anak Anda. Ketika anak-anak jatuh sakit, jangan sembarangan membeli obat atau memberi antibiotik dengan sembarangan. Anda perlu menggunakan obat sesuai anjuran dari dokter. Bawa anak Anda segera ke dokter untuk mendapat perawatan yang terbaik dan tepat waktu.

Itulah tadi Tanda Gejala dan Pengobatan Campak Pada Bayi Baru Lahir, semoga dapat membantu Anda mendapatkan pengobatan dan pengetahuan tentang campak pada bayi dengan lebih baik.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id