Home Info Kesehatan Efektifkah Vaksin Dengue Untuk Mencegah Penyakit Demam Berdarah?

Efektifkah Vaksin Dengue Untuk Mencegah Penyakit Demam Berdarah?

171
0

Efektifkah-Vaksin-Dengue Untuk-Mencegah-Penyakit-Demam-Berdarah

Kabarmaya.co.id – Sekarang ini sedang terjadi musim yang terbilang ekstrem dan sudah memasuki musim penghujan. Beberapa langkah alternatif sudah harus dipersiapakan untuk mengantisipasi terjadinya penyakit demam berdarah. Salah satu upaya pencegahan yaitu dengan vaksin, namun vaksin tersebut belum efektif teruji.

Vaksin dengue pada dasarnya dibuat untuk mencegah infeksi dengue atau demam berdarah pada anak. Namun karena isu keamanan, pemberian vaksin ini diragukan. Dalam rilis yang dikeluarkan Sanofi sebagai produsen, penggunaan vaksin dengue dalam jangka panjang mengakibatkan 2 dari 1.000 kasus dengue berat dan 5 dari 1.000 kasus dengue yang dirawat.

Menurut peneliti dengue, Prof Dr dr Sri Rezeki Hadinegoro, SpA(K) dari RS Cipto Mangunkusumo, angka ini terbilang kecil, untuk itu isu tersebut tak perlu ditanggapi secara berlebihan. Sebagai jalan keluarnya, ada cara yang bisa dilakukan orang tua untuk memastikan apakah anaknya pernah terserang dengue atau tidak. Prof Sri mengatakan ada tes khusus untuk mengungkap hal itu yaitu imunoglobulin G antidengue (IgG).

“Udah pernah kena dengue atau nggak bisa dilakukan tes. Lalu kita tinggal liat hasilnya saja,” ungkapnya dilansir dari detikHealth, Sabtu (9/12/2017).

Jika terbukti anak belum pernah terkena dengue, vaksin dengue dapat diperoleh dimana saja mengingat vaksin ini sudah mengantongi izin edar di Indonesia.

“Diberikan pada anak di atas 9 tahun untuk mencegah infeksi sebesar 80 persen,” pungkasnya.

Upaya pencegahan untuk setiap penyakit yang ditimbulkan merupakan langkah antisasipatif yang baik. Perlunya keamanan dan kemannfatan dari setiap upaya juga perlu dipertimbangkan agar apa yang telah dilakukan menjadi tidak sia-sia.

Loading...