Mobile Site

Tips dan Cara Agar ASI Cepat Keluar

Kesehatan 12 View

Ketika ibu menyusui, tetapi mengalami situasi ASI yang keluar lambat dan sedikit, membuat ASI tidak dapat memenuhi kebutuhan bayi setiap harinnya, karena itu moms harus segera menerapkan tips dan cara agar ASI cepat keluar di bawah ini untuk merangsang ASI untuk memberi makan bayinya dengan cepat.

Cara Menyusui Bayi Agar ASI Cepat Keluar

Jika Ibu baru saja melahirkan tetapi ASI belum bisa keluar atau keluar hanya sedikit, moms perlu menerapkan tips berikut untuk membantu proses produksi ASI lebih banyak dan cepat seperti:

  • Memeluk bayi dengan kulit bayi Anda menempel ke kulit Anda, bukan hanya mempercepat agar ASI cepat keluar setelah melahirkan, tetapi menurut banyak penelitian ilmiah, bayi yang dipelukan dan kontak kulit ke kulit segera setelah kelahiran dapat membantu merangsang proses hormon prolaktin – hormon susu dan hormon oksitosin yang membantu mendorong susu keluar.
  • Saat menyusui, tindakan mengisap bayi Anda akan membantu tubuh Anda refleks untuk menghasilkan susu untuk bayi Anda dengan cepat.
  • Menyusui dengan benar dengan posisi mulut yang tepat pada payudara ibu akan membantu bayi menyusu lebih banyak dan ASI menjadi lebih cepat keluar.
  • Pijat payudara Anda juga dapat membuat rangsangan agar asi cepat keluar.

Bagi banyak ibu muda yang baru pertama kali melahirkan, maka akan lebih sulit menyusui ASI daripada ibu yang sudah pernah melahirkan, jadi mengompres payudara segera setelah melahirkan akan membantu ASI keluar dengan lebih cepat.

Tips dan Cara Agar ASI Cepat Keluar

Selain menerapkan cara menyusui bayi dengan cara yang benar diatas, menurut pengalaman bayak ibu untuk menambah produksi ASI dan membuat ASI cepat keluar dengan cara mengatur pola makan. Berikut ini beberapa tips yang harus diterapkan :

  • Ibu ketika makan sebaiknya makan nasi lebih sedikit, karena kandungan pati pada nasi hanya akan menambah berat badan, tidak merangsang produksi ASI. Karena itu, yang terbaik adalah menambahkan jahe pada tumisan atau masakan Anda agar dapat menghangatkan perut bayi dan juga dapat menambah produksi ASI.
  • Selain itu, ibu menyusui juga harus makan banyak buah-buahan seperti pisang dan pepaya untuk menambah produksi ASI dan juga dapat merangsang sistem pencernaan bayi, sehingga ketika bayi minum ASI akan mudah buang air besar.
  • Banyak minum air hangat setiap hari juga dapat menambah produksi ASI dan membuat ASI cepat keluar. Ibu harus ingat untuk tidak minum air dingin dan air es karena hal ini akan membuat ASI encer serta membuat ASI lebih sedikit dan menghambat ASI keluar.

Itulah dari yang dapat kami sampaikan kepada Anda tentang Tips dan Cara Agar ASI Cepat Keluar, semoga dapat membantu Anda memperlancar ASI keluar. Tapi jika saran diatas sudah dilakukan dan ASI tidak keluar cepat dan banyak, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id