Home Info Kesehatan Tips Mudah Atasi Sembelit

Tips Mudah Atasi Sembelit

679
0

Tips-Mudah-Atasi-Sembelit

Kabarmaya.com – Susah buang air besar atau yang dikenal dengan sembelit menjadi hal yang menjengkelkan sekaligus menyakitkan. Tidak hanya bagian perut yang tersiksa, saat sembelit sudah mulai keras, bagian belakang juga akan merasakan sakit.

Meski kedengarannya adalah hal sepele, namun sembelit yang terus menerus akan menimbulkan penyakit lain seperti ambeien dan wasir. Maka dari itu perlu diwaspadai jika sedang mengalami susah buang air besar.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya sembelit, yakni kekurangan serat, kurang asupan air di dalam tubuh, dan masih banyak lagi. Sebenarnya semua bergantung pada pola hidup yang dijalankan sehari-hari.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika sembelit menyerang. Mari simak, supaya sembelit tidak akan menjadi penyakit yang lebih serius.

Konsumsi Air Putih. Kekurangan kadar air pada feses bisa menyebabkan feses menjadi keras sehingga kemudian terjadi sembelit. Konsumsilah air putih minimal 8 gelas per hari, atau sekitar 1,5 liter. Dengan mempunyai asupan air putih yang cukup di dalam tubuh, proses pembuangan racun dari dalam tubuh juga akan berjalan lancar.

Makan Makanan Berserat. Tidak suka sayuran menjadi alasan orang mengalami sembelit. Karena di dalam sayuran banyak terdapat serat yang berguna untuk melancarkan buang air besar. Serat di dalam sayuran akan menjaga feses tetap lunak sampai pada saat dikeluarkan.

Buah-buahan. Selain sayuran, penderita sembelit juga disarankan memakan buah-buahan yang kaya akan kandungan air di dalamnya. Seperti Pepaya, stoberi, dan pisang. Ketiganya mempunyai kandungan gizi yang sama yaitu berupa vitamin C yang bagus untuk tubuh dan memperlancar buang air besar.

Artikel di atas adalah beberapa kebutuhan yang dibutuhkan usus dan tubuh disaat mengalami sembelit. Jangan tunggu sembelit melanda, konsumsilah makanan tersebut secara rutin untuk menjaga feses tetap lunak dan bebas dari sembelit.

Baca juga:

Tips Hindari Rambut Rontok Yang Berlebihan

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Bercabang

Ingin Sehat, Jangan Lupa Konsumsi Jus Jeruk Saat Sarapan

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Bercabang

Sawo, Obat Alami Hentikan Diare

Loading...