Home Info Kesehatan Tips Kesehatan Saat Musim Hujan Tiba, Hati-Hati Jangan Sampai Terkena Penyakit

Tips Kesehatan Saat Musim Hujan Tiba, Hati-Hati Jangan Sampai Terkena Penyakit

413
0

Tips-Kesehatan-Saat-Musim-Hujan-Tiba,-Hati-Hati-Jangan-Sampai-Terkena-Penyakit

Kabarmaya.co.id – Musim penghujan di Indonesia sungguh membawa berkah, apalagi untuk petani yang menanam padi di sawah. Tetapi di sisi lain banyak bencana yang bisa terjadi ketika musim hujan datang yang juga mengancam kesehatan. Banyak penyakit yang mewabah saat musim hujan datang. Untuk itu perlunya menjaga kesehetan sangat penting.

Menjaga sistem imun tubuh untuk tidak turun adalah salah satunya. Berikut ini adalah ulasan berbagai tips agar badan tetap sehat di musim penghujan:

Jaga pola makan – asupan gizi merupakan aspek penting bagi daya tahan tubuh. Bila kurang nutrisi daya tahan tubuh menurun sehingga kuman penyakit lebih mudah masuk dan berkembang. Agar memenuhi zat gizi maka memperhatikan pola makan sehat dengan mengkonsumsi karbohidat, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dan minuman. Frekuensi makan juga harus diperhatikan dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, disarankan untuk mengkonsumsi prebiotic agar terhindar dari infeksi seperti flu dan diare. Mengkonsumsi prebiotic membantu menjaga usus agar sisitem pencernaan lancar. Contoh makanan prebiotic adalah tahu, tempe, dan yogurt.

Olahraga – cara ini merupakan cara sederhana dan mudah tapi besar manfaatnya. Latihan fisik selama 30 menit mampu mengaktifkan sel darah putih. Sel darah putih berfungsi menyediakan pertahanan yang cepat dan kuat terhadap daerah tubuh yang mengalami peradangan. Olahraga tidak diharuskan di luar ruangan tapi juga bisa di dalam ruangan, jadi meski hujan turun masih bisa berolahraga.

Jaga kualitas tidur – tidur merupakan waktu reset tubuh untuk pemulihan seluruh sistem anggota badan. Kualitas tidur sangat penting dalam menjaga kesehatan.
– Pada anak usia prasekolah usia 3-5 tahun membutuhkan tidur 10-13 jam
– Anak sekolah usia 6-13 tahun membutuhkan tidur 9-11 jam
– Remaja usia 14-17 tahun butuh 8-10 jam
– Usia 18-25 tahun direkomendasikan tidur selama 7-9 jam
– Untuk usia 26-64 tahun membutuhkan tidur 7-9 jam
– Lansia direkomendasikan tidur selama 7-8 jam

Kelola strees – saat musim hujan seseorang mudah stress, misalnya saja disebabkan karena terlambat bekerja gara-gara hujan turun. Ketika stress akan berdampak pada fisiologis, seperti gelisah, detak jantung meningkat, dan mudah lelah. Oleh karena itu penting untuk mengelola stress.Relaksasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.Caranya dengan membiarkan tubuh menerima rangsangan apapun baik berupa suara, bau atau sentuhan yang dapat membuat tenang diri.

Itulah beberapa ulasan mengenai tips menjaga kesehatan di musim penghujan seperti sekarang ini. Lakukan beberapa tips agar daya tahan tubuh tidak turun.

Loading...