Home Informasi Travel Kampung Coklat Jadi Destinasi Berwisata Sekaligus Edukasi

Kampung Coklat Jadi Destinasi Berwisata Sekaligus Edukasi

256
0

Kampung-Coklat-Jadi-Destinasi-Berwisata-Sekaligus-Edukasi

Kabarmaya.co.id – Tidak hanya wisata pantainya yang, cantik ternyata di Blitar juga memiliki wisata keluarga yang sekaligus menjadi salah satu eduwisata yaitu kampung coklat. Destinasi wisata ini adalah sebuah kampoug atau desa penghasil dan aneka olahan yang berbahan dasar coklat. Tempat wisata yang satu ini cocok dikunjungi semua kalangan dan usia. Disini wisatawan dapat bersantai bersama keluarga sambil belajar dan menikmati aneka macam makanan dan minuman yang berbahan dasar coklat.

Lokasi kampung coklat terletak di Kademangan, Kabupaten Blitar Jawa Timur atau tepatnya di Jl. Banteng Blorok 18, Desa Plosorejo. Rute menuju wisata kampung coklat dari arah Kota cukup mudah, arahkan kendaraan munuju ke selatan atau ke arah Kademangan, setelah melewati jembatan kademangan terdapat pertigaan dengan petunjuk arah menuju ke kampung coklat. Dari pusat Kota Blitar ke kampung coklat membutuhkan waktu kira-kira 20 menit.

Awal mula adanya wisata edukasi ini adalah saat usaha peternakan ayam milik Bapak Kholid Mustofa mengalami kerugian akibat wabah penyakit. Sejak itu beliau beralih profesi fokus pada budidaya kakao yang sebelumya sudah ditanam. Seiring berjalannya waktu usaha tersebut tidak sia-sia bahkan mampu untuk mendirikan badan usaha seperti UD dan CV hingga mampu memasarkan biji kakao baik regional maupun internasional. Dari situlah perkembangan kampung coklat hingga berhasil memproduksi berbagai aneka olahan coklat dan menjadi kampung wisata yang sangat digemari di Blitar.

Untuk masuk ke kampong coklat harga tiketnya Rp 5000/orang. Sebelum sampai di loket untuk membayar tiket, wisatawan akan melewati gudang coklat yang mengeluarkan aroma coklat dengan sangat tajam. Setelah melewati pembayaran loket, selanjutnya pengunjung dapat merasakan sensasi bersantai bersama teman-teman dan keluarga.

Disana penunjung dapat menikmati makanan dari outlet makanan yang berjajar di kawasan itu tentunya dengan bahan dasar coklat .Fasilitas yang ada disana juga sangat memadai seperti mushola, tempat makan, kamar mandi, panggung hiburan, kolam ikan untuk refleksi, dan wahana bermain anak-anak. Bagi yang akan mengadakan acara disana juga menyewakan gedung pertemuan maupun untuk keperluan yang lain.

Tidak perlu ragu untuk berkunjung ke kampung coklat, harga oleh-olehnya jugasudah sangat terjangkau. Tempat wisata ini bisa dikunjungi saat cuaca panas ataupun hujan karena tempat ini sangat nyaman untuk berlibur keluarga.

Loading...