Home Info Kesehatan Difteri Mewabah, Waspadai Penyebarannya!

Difteri Mewabah, Waspadai Penyebarannya!

294
0

Waspada!-Difteri -Berbahaya-Dan-Mengancam-Jiwa

Kabarmaya.co.idDi Indonesia, difteri atau yang lebih kita kenal dengan penyakit campak mulai mewabah kembali. Wabah difteri muncul di area Banten, Jawa Barat, dengan kejadian luar biasa yang bisa di bilang dapat membahayakan apabila terus dibiarkan. Anak adalah yang menjadi prioritas utama untuk diberikan ilmu untuk mencegah penyebaran penyakit ini dikarenakan efeknya yang sangat berbahaya. Pasien atau yang sudah terkena penyakit ini akan diisolasi untuk memberikan terap dan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebarannya.

Tanda atau gejala awal terjadinya infeksi bakteri tersebut ke dalam tubuh adalah adanya pembengkakan kelenjar limfa pada leher, kondisi mengigil akibat demam tinggi, kesulitan bernafas dan nafas cenderung lebih cepat, hidung yang mengelurakan lendir dengan sesekali disertai darah, serta adanya membran abu-abu yang menutupi bagian leher dan bagian amandel.

Ada beberapa bahaya yang dapat terjadi akibat tubuh terinfeksi penyakit difteri seperti menghambat pernafasan, toksin yang masuk ke saluran pernafasan dapat menimbulkan kerusakan pada paru-paru, perdarahan yang parah dan gagal ginjal, serta kerusakan sistem syaraf. Karena bahaya tersebut, perlunya sebagai orang tua harus waspada karena penyakit ini sangat mematikan. Sudah banyak korban yang tidak terselamatkan karena serangan bakteri ini.

Apabila sudah ada yang terkena penyakit ini sebisa mungkin keluarga untuk juga waspada karena oenularan bakteri ini sangat mudah, yaitu melalui udara percikan ludah bahkan hany dengan tertawa saja. Maka dari itu bila pasien sudah benar-benar dinyatakan terjangkit difteri, sebaiknya diisolasi dan diberikan terapi yang tepat.

Wabah ini akan terus terjadi jika tidak ada penangan serius dari pemerintah. Maka dari itu menurut kabar yang ramai diperbincangkan akan dilakukan suntuk atau imunisasi difteri ulang karena akan menjadi momok terbesar dan penyumbang kematian terbesar jika tidak segera ditangani. Sebagai langkah awal pencegahan memang harus dimulai dari individu agar apapun penyakitnya tak akan pernah menyerang dan terus berusaha untuk berperilaku hidup bersih.

Loading...