Home Info Kesehatan Tips Sehat Menghadapi Musim Pancaroba

Tips Sehat Menghadapi Musim Pancaroba

231
0

Cara-Mudah-Menurunkan-Demam-Tinggi

Kabarmaya.co.id – Akhir-akhir ini sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim pancaroba. Pada siang hari matahari bersinar sangat terik sehingga suasana terasa amat panas, namun cuaca dapat berubah seketika menjadi hujan dan udara menjadi terasa sangat dingin. Perubahan cuaca yang tiba-tiba inilah yang disebut musim pancaroba.

Musim pancaroba terjadi hanya pada masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan pada bulan September atau masa peralihan musim hujan ke musim kemarau pada bulan April. Perubahan udara dan temperatur sedikit banyak berpengaruh pada tubuh, karena tubuh otomatis akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas (daya tahan tubuh terhadap penyakit) berkurang sehingga sering menyebabkan orang sakit di musim pancaroba.

Selain itu temperatur yang berubah-ubah adalah salah satu kondisi yang memacu virus dan bakteri untuk lebih cepat berkembang biak. Jadi tidak heran jika lebih banyak orang terserang penyakit di musim pancaroba dibanding di musim yang temperaturnya relativ stabil. Banyak penyakit yang disebabkan karena perubahan cuaca ini.

Musim pancaroba berkaitan erat dengan beberapa gangguan kesehatan seperti flu, batuk, pilek, demam, gangguan saluran nafas, masuk angin, influenza, ganguan pencernaan seperti diare, dan tifus abdominalis. Kemunculan penyakit-penyakit ini kasusnya menjadi tinggi pada awal perubahan musim karena banyaknya kotoran yang menjadi sumber bagi bakteri dan virus penyebab penyakit. Penyakit dapat timbul karena adanya bakteri atau virus yang mencari amakan atau minuman.

Banyak cara atau tips untuk mencegah tubuh terserang penyakit salah satunya dengan konsumsi makanan bergizi, daya tahan tubuh yang baik selain butuh makanan yang cukup jumlahnya, juga harus memenuhi semua unsur gizi yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Jangan lupa untuk tetap berperilku hidup sehat agar badan tetap terjaga fit.

Loading...