Home Info Kesehatan Waspadai Penyakit Yang Sering Muncul Di Musim Hujan

Waspadai Penyakit Yang Sering Muncul Di Musim Hujan

134
0

Kabarmaya.co.id – Musim penghujan sedikit banyak membawa pengaruh juga untuk kesehatan karena akan mempengaruhi imunitas. Seseorang yang tidak dalam kondisi yang fit sangat rawan terkena penyakit. Langkah antisipasi untuk menghadapi musim hujan memang sangat penting, banyak penyakit yang sering menyerang di kala musim hujan tiba.

Berikut ini adalah bebrapa penyakit yang sering menyerang di kala musim penghujan :

Influenza atau flu – penyakit musim hujan sering dialami adalah flu yang disebabkan infeksi virus. Virus ini menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus ataupun air liur yang tekontaminasi. Infeksi ini akan menyerang sistem pernafasan dan menyebabkan gejala seperti demam, bayuk, pegal-pegal, pusing, sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Meski bersifat umum dan tidak berbahaya, tapi beberapa orang dapat menderita kompilasi influenza seperti pneumonia.

Demam berdarah dengue – merupakan salah satu jenis penyakit musim hujan yang bisa jadi mematikan. Demam berdarah terjadi ketika virus masuk dalam tubuh manusia akibat gigitan nyamuk yang terinfeksi virus. Meskipun tergolong penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya, penyakit yang ditandai dengan sakit pada sekujur tubuh dan demam ini dapat berakibat komplikasi yang mengarah pada kebocoran plasma dan perdarahan fatal akibat kerusakan pembuluh darah.

Malaria – penyakit ini merupakan infeksi parasite plasmodium yang menular melalui gigitan nyamuk anopheles. Gejala awal yang menyertai adalah sakit kepala dan mengigil. Bila tidak ditangani segera, malaria dapat berkembang dan beresiko mengancam nyawa seseorang yang mengalami. Malaria perlu diwaspadai di area timur Indonesia seperti provinsi Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

Diare – penyakit ini adalah kondisi yang ditandai dengan frekuensi buanga air besar (BAB) yang meningkat dibandingkan biasanya dan encer. Penyebab diare adalah mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Biasanya diare hanya berlangsung beberapa hari, namun pada sebagian kasus memanjang sampai berminggu-minggu.

Demam tifoid – penyakit ini sering ditemukan di Negara berkembang dan dapat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik dan cepat. Penyakit ini disebabkan salmonella typhi dan menyebar melalui makanan yang terkontaminasi. Selain demam, penyakit ini kerap ditandai dengan sakit perut, sakit kepala, sembelit, ataupun diare. Jika tidak segera ditangani penderita bisa mengalami komplikasi seperti meningitis, infeksi hati dan kandung empedu, pneumonia, hingga gangguan pada ginjal dan katup jantung.

Leptospirosis – penyakit ini biasanya ditularkan dari urine atau darah binatang seperti anjing, tikus, sapi, dan babi. Manusia dapat terinfeksi jika menjalin kontak dengan air atau tanah yang terkontaminasi. Demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, mata merah, menggigil, otot betis sakit, dan sakit perut adalah gejala yang menandai penyakit ini. Namun pada kasus tertentu penyakit ini dapat menyebabkan gangguan hati, gagal ginjal, meningitis, hingga kegagalan pernapasan.

Berikut di atas adalah ulasan mengenai penyakit yang sering muncul di kala musim hujan datang. Persiapakan kondisi sebaik mungkin agar kesehatan dalam kondisi yang tetap sehat dan prima. Teruslah berpola hidup sehat sebagai bekal investasi di hari yang akan datang.

Loading...