Home Info Kesehatan Cegah Difteri Jadi Upaya Kurangi Penyumbang Penyebab Kematian

Cegah Difteri Jadi Upaya Kurangi Penyumbang Penyebab Kematian

168
0

Difteri-Bak-‘Mumi-Yang-Bangun-Kembali’,-Kementrian-Kesehatan-Dibuat-Pusing

Kabarmaya.co.id – Difteri menjadi topik yang hangat untuk diperbincangkan di setiap topik kesehetan sekarang ini. Difteri mencuat ke permukaan media karena menjadi wabah di Indonesia kahir-akhir ini.  Difteri sudah menjadi trending topic kesehatan di setiap halaman berita. Sebelum bakteri ini mewabah kembali dan menyebabkan kematian diperlukan upaya preventif demi mencegah penyebarannya.

Banyak beberapa cara atau langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit difteri. Simak ulasannya berikut ini:

Imunisasi dan vaksinasi – imunisasi merupakan satu-satunya cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit difteri. Karena imunisasi merupakan cara yang paling efektif sebagai pencegahan penyakit dan penularannya sehingga saat ini dengan adanya wabah difteri yang terjadi di Indonesia, pemerintah Indonesia melalui kementrian kesehatanya menggalakan program vaksinasi untuk pencegahan difteri.

Menjaga kebersihan – meskipun imunisasi satu-satunya langkah yang paling efektif untuk mencegah terjadinya penyakit difteri, ada beberapa langkah lain yang bisa dilakukan sebagai cara mencegah penyakit difteri seperti menjaga kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri. Dengan menjaga kebersihan, setidaknya lingkungan tempat tinggal tidak terdapat mikroorganisme yang berbahaya khususnya bakteri penyebab difteri.

Meningkatkan imunitas – penularan penyakit difteri dapat terjadi akibat penurunan imunitas pada tubuh anak.Salah satu upaya untuk mencegah terjadinya penyakit difetri pada anak adalah dengan menaikan imunitas dan menjaga agar anak tidak menurun melalui beberapa upaya seperti pembelian vitamin dan mineral pada anak-anak.

Mengatur pola makan – mengatur pola makan pada anak sangat penting untuk menjaga anak selalu dalam kondisi sehat dengan imunitas yang terjaga. Pengaturan pola makan pada anak berkaitan dengan menu makanan dan frkuensi makan pada anak.pengaturan pola makan akan lebih susah apabila ada anak yang susah makan dan anak terkadang sulit untuk makan makanan tertentu.

Melakukan gaya hidup sehat – salah satu cara mencegah penyakit difteri lainnya yang dapat dilakukan oleh orang tua terhadap anak adalah membiasakan semua anggota keluarga melakukan gaya hidup sehat sehingga anak-anak mendapatkan contoh bagaimana melakukanya. Gaya hidup sehat ini dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan dan mencegah terjadinya berbagai macam penyakit.

Banyak cara untuk mencegah penyakit difteri, tapi yang paling penting cegah penyebaranya yang paling penting karena akan berdampak untuk masa yang akan datang. Investasi terbesar saat ini kesehatan karena apapun seberharga momen yang ada di dunia tak akan bisa dinikmati tanpa kesehatan.

Loading...