Home Info Kesehatan Cegah Penularan Penyakit Difteri Dengan Pola Hidup Sehat

Cegah Penularan Penyakit Difteri Dengan Pola Hidup Sehat

439
0

Waspada!-Difteri -Berbahaya-Dan-Mengancam-Jiwa

Kabarmaya.co.id – Indonesia sekarang ini dihadapkan dengan wabah penyakit difteri. Penyakit ini menjadi prioritas yang lebih ditangani oleh pemerintah melalui kementrian kesehatan. Untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya perlu pergerakan seluruh lapisan masyarakat agar bisa ditekan penyebarannya. Penyakit ini memang terbilang sangat ganas, bila ada seseorang yang terkena penyakit ini akan mudah sekali menjadi menyebar jika tidak diisolasi.

Yang lebih parahnya penderita dilarang berdekatan dengan orang lain, termasuk keluarganya. Sebab ketika sudah positif dinyatakn difteri, maka pasien wajib diisolasi dan berikteraksi dengan orang bebas. Orang disekelilingnya juga wajib waspada menghindari kuman atau bakteri yang cepat sekali menular melalui batuk, bersin, tertawa, dan udara. Bakteri ini menyerang terutama kepada balita, tapi kemungkinan juga bisa menyerang anak-anak, dan remaja.

Sebaik-baiknya pengobatan yang tidak kalah penting adalah upaya pencegahan. Berikut ini upaya pencegahan penyakit difteri:

Hindari kontak – hindari kontak langsung dengan penderita agar kuman tidak bisa menyerang karena kuman bisa menyebar melalui udara. Meski penderita difteri tidak bisa dilihat secara kasap mata, petugas kesehatan harus melihat tengorokan pasien dimana terdapat selaput khas yang kotor sebagai tanda penyakit difteri.

Gunakan masker – musim hujan identik dengan penularan virus secara cepat. Tidak hanya mencegah difteri, pasien ataupun masyarakat umum sebaiknya rajin menggunakan masker. Sedangkan orang lain yang mengunjunginya, disarakan menggunakan masker pula.

Pola hidup bersih dan sehat – menghindari difteri salah satunya dengan memastikan lingkungan bersih dan rajin mencuci tangan karena kuman ada dimana-mana. Jangan lupa cuci tangan serta menghindari kontak langsung dengan penderita.

Berperilaku sehat memang menjadi pilar kesehatan. Perlunya menjadi sehat akan menjadikan masa depan yang cerah di masa depan. Momen terbaik yang ada dunia tidak akan pernah dijumpai tanpa punya kesehatan yang optimal.

Loading...