Home Info Kesehatan Waspada Musim Penghujan, Banyak Penyakit Yang Muncul Tiba-Tiba

Waspada Musim Penghujan, Banyak Penyakit Yang Muncul Tiba-Tiba

10984
0

Waspada-Musim-Penghujan,-Banyak-Penyakit-Yang-Sulit-Disembuhkan-Kulit-Kering

Kabarmaya.co.id – Musim penghujan sudah mulai menghantui, biasanya kebutuhan cairan akan meningkat terutama jika mengalami penyakit yang sering muncul di musim penghujan seperti gejala demam, diare, dan muntah-muntah. Jika mengalami kekurangan cairan sebaiknya segera minum cairan yang banyak untuk mencegah dehidrasi. Untuk menghindari penyakit akibat kontaminasi makanan, biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan serta sesudah buang air besar.

Musim hujan tidak hanya membawa berkah, tetapi juga membuat orang seharusnya waspada terhadap ancaman kesehatan yang hanya muncul di musim penghujan. Berikut ini adalah ulasan ancaman penyakit yang juga datang di musim hujan:

Kulit kering – terus berada dalam ruangan dengan pemanas atau pendingin membuat kulit mudah keringdan pecah-pecah. Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsikuning telur. Biotin dalam kuning telur membantu memproduksi asam lemak yang bagus untuk melembabkan dan melembutkan kulit.

Peradangan kulit dan jerawat – cuaca dingin seringkali juga menyebabkan munculnya jerawat dan radang pada kulit. Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi ikan salmon yang kaya akan omega-3.

Mood yang buruk – cuaca yang terus menerus yang mendung dan hujan terkadang juga mempengaruhi mood, jangan biarkan hujan merusak suasana hati. Cara mengatasi mood yang ikut mendung karena hujan adalah dengan mengkonsumsi vitamin D. Vitamin D mempengaruhi zat kimia otak yang berkaitan dengan rasa bahagia yaitu dopamine. Selain itu juga bisa mengkonsumsi makanan seperti jus jeruk, yogurt, jamur, bayam, asparagus, dan kacang juga bisa mengusir stress yang dirasakan.

Kurang energi – cuaca gelap dan hujan dapat membuat mood jadi jelek. Tapi ini bisa diatasi dengan minum mint atau mengunyah permen mint. Bau dan rasa mint ternyata mampu mengubah aktivitas otak yang meredakan stress dan membuat semangat kembali.

Kekebalan tubuh menurun – selama musim hujan bakteri lebih banyak berkembang karena udara lembab, sementara kekebalan tubuh menurun. Untuk melindungi diri dari penyakit di musim penghujan banyak-banyak mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C dapat diperoleh dari papaya, jeruk, kecambah dan yang lainya. Vitamin C akan meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih. Selain itu juga betakaroten sangat baik bagi tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ulasan di atas merupakan penyakit yang datang di musim penghujan dengan tiba-tiba. Jagalah selalu kesehatan dengan berperilaku hidup bersih dan sehat. Menjaga kesehatan tidaklah sulit jika berusaha untuk berperilaku sehat dan bersih.

Loading...