Home Info Kesehatan Musim Penghujan Tiba, Waspada Penyakit Saluran Napas, Diare, dan Tifus

Musim Penghujan Tiba, Waspada Penyakit Saluran Napas, Diare, dan Tifus

178
0

Musim-Penghujan-Tiba,-Waspada-Penyakit-Saluran-Napas,-Diare,-dan-Tifus

Kabarmaya.co.idDi Indonesia, musim penghujan mulai datang mengantikan musim kemarau yang cukup panjang. Di beberapa daerah bahkan diwarnai dengan musibah banjir dan tanah longsor. Musim ini biasanya ditandai dengan timbulnya berbagai jenis penyakit yang menyerang baik orang tua dan terutama pada anak-anak yang daya tahan tubuhnya kurang. Hal ini dikarenakan perubahan suhu udara yang sebelumnya panas menjadi dingin dan lembab.

Kondisi yang demikian membuat badan kurang nyaman dan mudah terserang penyakit. Penyakit yang umumnya sering muncul pada masa pancaroba, diantaranya ganguan saluran nafas, flu, masuk angina, ganguan pencernaan seperti diare dan tifus abdominalis.

Ganguan saluran napas – saluran pernafasan berpotensi tinggi terganggu akibat perubahan cuaca ekstrim. Batuk, bronchitis, pilek atau influenza disertai bersin-bersin dan peningkatan suhu tubuh atau yang lebih sering dikenal demam. Demam bukan merupakan penyakit biasa, melainkan gejala dari penyakit lain misalnya influenza.

Diare – salah satu ganguan pencernaan yang biasanya muncul pada musim pancaroba dan awal musim hujan adalah diare. Diare ditandai dengan keluarnya buang air besar sangat encer seperti air, dan berlangsung terus-menerus. Penyakit ini sebenarnya dapat digolongkan penyakit ringan, tetapi apabila terjadi secara mendadak dan kurang mendapat perawatan maka diare juga juga berakibat fatal, terutama jika diare tersebut terjadi pada balita.

Tifus Abdominalis – ganguan pencernaan yang juga sering terjadi di musim pancaroba adalah penyakit tifus abdominalis. Merupakan suatu penyakit peradangan pada usus yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit ini dapat terjadi melalui konsumsi makanan dan minuman yang terinfeksi oleh bakteri tifus.

Beberapa jenis penyakit di atas sering dijumpai di musim pencaroba, karena itu jagalah kesehetan dengan berperilaku hidup bersih seperti kebiasaan cuci tangan sangat membantu untuk upaya pencegahan. Penyebaran virus bakteri maupun kuman sering kali melalui benda-benda di sekitar yang mudah untuk dijangkau, dengan cuci tangan diharapakan kuman ataupun bakteri virus bisa hilang dan tidak masuk ek dalam tubuh.

Loading...