Home Informasi Travel Wisata Mistis: Berani Datangi Ritual Pemakaman Unik Di Dunia Ini?

Wisata Mistis: Berani Datangi Ritual Pemakaman Unik Di Dunia Ini?

1463
0
Tradisi-Penyimpanan-Jenazah-Masyarakat-Toraja-Sulawesi-Utara
pemakaman Tana Toraja

Kabarmaya.co.idBerwisata merupakan salah satu aktivitas yang diharapkan bisa menyegarkan kembali pikiran seseorang. Namun tak sedikit pula dari mereka yang ingin mempelajari hal-hal unik dari destinasi wisata yang mereka tuju. Salah satunya yang bisa dicoba adalah dengan mengunjungi beberapa ritual pemakaman unik yang ada di dunia ini.

Di Indonesia sendiri ada beberapa ritual pemakaman yang menakutkan, beberapa diantaranya sudah dikenal hingga ke Manca Negara. Namun bukan hanya di Indonesia saja, di belahan dunia di luar sana juga banyak ritual pemakaman yang sering dijadikan destinasi wisata.

  1. Pemakaman Tana Toraja

Di Indonesia ada pemakaman Tana Toraja yang merupakan sebuah ritual agung untuk sebuah acara pemakaman. Berbeda dengan acara pemakaman lainnya, di upacara ini akan diiringi dengan musik, pesta untuk tamu, dan tari-tarian. Arti kematian bagi suku Toraja adalah sebuah kesempatan yang mewah dan harganya yang mahal. Setelah upacara dilaksanakan, pihak keluarga akan menempatkan peti mati di kuburan yang berupa gua dan hanya tergantung di tebing.

  1. Endocannibalisme

Endocannibalisme adalah salah satu ritual kematian yang paling aneh, orang-orang akan memakan tubuh orang yang sudah meninggal. Ada kepercayaan jika memakan orang yang sudah meninggal, hal itu bisa sekaligus ‘menghisap’ sifat-sifat almarhum untuk proses asimilasi roh. Beberapa suku yang ada di Amerika Selatan dan Australia sudah bisa mempraktikan ritual yang menyeramkan ini.

  1. Bedah jenazah di bukit Tibet

Di Tibet para penganut Buddha punya tradisi unik dalam memperlakukan mayat yang sudah meninggal. Dimana nantinya mayat ini akan dipotong-potong dan ditinggalkan begitu saja di atas gunung agar dimakan oleh burung pemakan bangkai. Di daerah ini mayat dianggap sebagai sebuah wadah, sehingga mereka tidak ingin merawat, menyimpan, atau menguburkannya. Ritual ini sering juga disebut sebagai pemakaman langit.

  1. Berdansa dengan orang yang sudah meninggal

Tradisi ini terjadi di Madagaskar, dimana orang yang masih hidup sudah biasa berdansa dengan jenazah orang yang sudah meninggal. Jenazah akan dikeluarkan dari kuburannya untuk melakukan ritual yang bernama Famaidihana ini. Ritual ini diyakini bisa memberi semangat kepada jenazah yang akan bergabung dengan nenek moyang. Setiap 7 tahun sekali, akan ada perayaan yang akan diiringi dengan tarian bersama jenazah.

Meski kedengarannya begitu ngeri dan mistis, namun ritual tersebut merupakan hal yang baisa di tempat asalnya. Kendati demikian, ritual yang tidak biasa ini justru mengundang ketertarikan turis manca Negara untuk menyaksikan dan memahami maknanya.

Loading...