Home Info Kesehatan Anemia Pada Kehamilan Dan Cara Mengatasinya

Anemia Pada Kehamilan Dan Cara Mengatasinya

411
0

Anemia-Pada-Kehamilan-Dan-Cara-Mengatasinya

Kabarmaya.co.idAda beberapa ibu hamil yang sering mengalami anemia pada masa kehamilannya. Hal ini memang sebuah hal yang sering terjadi. Anemia adalah sebuah penyakit karena kurangnya kandungan sel darah merah atau hemoglobin di dalam darah. Ketika hal ini terjadi tubuh akan menjadi mudah lemah dan lesu. Padahal ibu hamil tidak boleh merasa lemah dan lesu karena akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Hal ini sering terjadi karena tubuh sang ibu memerlukan lebih banyak energi untuk memberikan asupan gizi kepada janin.

Oleh karena itu ibu hamil sangat dianjurkan untuk perbanyak konsumsi makanan yang bergizi. Tetapi Anda tak perlu khawatir, pada kesempatan kali ini akan diberikan tips bagaimana mengatasi anemia pada kehamilan.

Konsumsi Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat familiar dan sangat mudah didapatkan. Di dalam buah pisang mengandung kalsium yang sangat tinggi. Kalsium inilah yang akan membantu kadar hemoglobin di dalam darah meningkat. Buah pisang memang sangat dianjurkan untuk selalu dikonsumsi. Buah pisang ini dapat membantu mengatasi anemia pada kehamilan. Anda cukup konsumsi 1 buah pisang perharinya. Lebih banyak akan lebih bagus. Apalagi jika penyakit anemia anda sudah parah. Selain itu di dalam buah pisang juga mengadung asam folat yang bisa membantu mencegah bayi lahir cacat.

Konsumsi Sari Kurma

Buah dari Arab ini memang mempunyai banyak sekali manfaat. Ternyata kurma bisa juga digunakan untuk mengatasi penyakit anemia anda. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda bisa mengkonsumsi sari kurma. Sari kurma mempunyai kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan buah kurma. Selain itu sari kurma juga lebih mudah untuk di cerna di dalam darah dibandingkan dengan buah kurma yang masih utuh. Anda bisa mengkonsumsi sari kurma sehari 3 kali secara rutin. Walaupun anemia anda sudah sembuh. Anda bisa tetap mengkonsumsi sari kurma tapi cukup 1 kali dalam sehari.

Konsumsi Bayam Dan Brokoli

Untuk mengatasi anemia pada kehamilan selanjutnya adalah dengan perbanyak konsumsi bayam dan brokoli. Di dalam bayam dan brokoli mengandung banyak sekali zat besi dan asam folat. Kedua nutrisi ini sangat bagus untuk membuat kondisi tubuh anda menjadi lebih sehat. Zat besi akan membuat kadar hemoglobin semakin tinggi. Anda bisa mengkonsumsinya menjadi sayur bening atau salad. Kedua sayuran ini memang sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Anda bisa perbanyak konsumsi sayuran ini selama masa kehamilan walaupun penyakit anemia Anda sudah sembuh.

Konsumsi Hati Dan Daging Merah

Konsumsi hati dan daging merah juga dapat mengatasi anemia pada kehamilan anda. Para dokter juga sangat menganjurkan untuk konsumsi hati dan daging merah ketika masa kehamilan. Hati dan daging merah mengandung zat besi yang sangat efektif mengatasi anemia. Ketika ibu hamil kekurangan zat besi akan mengakibatkan berbagai kelainan kehamilan. Seperti bayi lahir cacat, bayi lahir dengan berat badan kurang dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu konsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Ketika sang ibu sering mengalami pusing, lemah, dan lesu segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter. Jika dibiarkan saja akan mengakibatkan bahaya pada janin Anda. Aelain itu perbanyak konsumsi makanan yang sudah saya sebutkan diatas. Ini akan sangat membantu anemia pada kehamilan anda cepat sembuh. Selain itu dari diri sang ibu juga harus ada kemauan yang kuat untuk sembuh dan dibantu dorongan dari keluarga. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Loading...