Home Info Kesehatan Daun Sirih Obat Keputihan, Benarkah?

Daun Sirih Obat Keputihan, Benarkah?

2527
0

manfaat-rebusan-daun-sirih-untuk-hilangkan-keputihan

Kabarmaya.co.idBanyak orang mengatakan bahwa daun sirih merupakan obat yang sangat mujarab untuk menyembuhkan keputihan. Setelah diteliti secara klinis, daun sirih mengandung zat antioksidan yang dapat melawan bahkan membunuh bakteri, sehingga tidak heran jika daun sirih dapat menghilangkan keputihan di daerah vagina wanita.  Daun sirih obat keputihan sebenarnya itu benar adanya dan sudah diterapkan oleh banyak orang sejak zaman dahulu. Cara yang biasa digunakan adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih yang kemudian air hasil rebusan tadi digunakan sebagai air untuk membersihkan vagina ketika cebok.

Kandungan Daun Sirih Sebagai Obat Keputihan

Daun sirih obat keputihan memiliki kandungan aktioksidan yang bisa membunuh bakteri apa saja yang terdapat pada cairan vagina seperti cairan keputihan. Padahal secara kesehatan, di dalam cairan keputihan hidup bakteri baik yang bernama lactobacillus. Daun ini berperan sebagai bakteri pengatur keasaman atau PH pada vagina, sehingga tingkat keasaman vagina akan selalu terjaga jika bakteri tersebut selalu berkembang dan hidup dengan baik di dalam vagina. Akan tetapi, rebusan daun sirih yang digunakan sebagai pembasmi keputihan, bisa membunuh pula bakteri lactobacillus, sehingga tidak ada lagi bakteri baik yang akan menjaga tingkat keasaman di dalam vagina.

Tingkat keasaman di dalam vagina pada tingkatan 3 hingga 4 akan menjadikan kuman atau bakteri jahat yang terkadang terdampar atau terbawa hingga vagina akan segera mati oleh kadar keasaman tersebut. Jadi, gunanya bakteri lactobacillus sangatlah besar, yaitu untuk menjaga vagina dari berbagai ancaman kuman, bakteri jahat, atau jamur yang akan menyerang ke dalam vagina. Oleh karena itu, keasaman dalam vagina harus selalu dijaga salah satunya dengan membiarkan bakteri baik tersebut tetap berada di dalam vagina untuk menjalankan fungsi dan kegunaannya.

Anjuran Penggunaan Daun Sirih Sebagai Obat Keputihan

Daun sirih obat keputihan boleh digunakan akan tetapi penggunaannya sebaiknya tidak dilakukan setiap hari, apalagi dipakai setiap mandi, itu akan menjadikan terbunuhnya bakteri lactobacillus dan berkurangnya kadar keasaman di dalam vagina. Seringnya menggunakan daun sirih sebagai ramuan untuk membersihkan vagina juga akan menjadikan vagina menjadi kering karena matinya bakteri baik dan berakibat pada berhentinya produksi keputihan. Padahal sebenarnya keputihan yang normal tak perlu diobati dengan sangat intensif, karena keputihan normal merupakan siklus yang alami dan biasanya dialami oleh seorang wanita pada saat sebelum dan sesudah haid, jadi waktunya itu mengiring-ngiringi haid.

Obat Keputihan Selain Daun Sirih

Selain daun sirih obat keputihan, ada juga bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk menyembuhkan keputihan, salah satunya yaitu kunyit. Kunyit yang kemudian diparut dan diambil airnya bisa diminum dengan tambahan gula aren dan juga air asam jawa. Orang jaman dahulu biasa meminum ramuan jamu tradisional yang satu ini salah satu tujuannya adalah supaya kondisi vagina tidak terlalu becek karena mengeluarkan keputihan, dan juga dengan tujuan untuk melancarkah haid jika meminumnya saat haid.

Obat bukanlah satu-satunya barang yang jika diminum maka keputihan akan sembuh, selain daun sirih obat keputihan ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait kesehatan alat reproduksi perempuan tersebut, seperti menjaga kelembapan vagina yang bisa Anda lakukan dengan selalu mengeringkannya setelah cebok atau mandi dan akan memakai celana dalam untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri dengan sangat subur di daerah sekitar vagina.

Loading...