Home Info Kesehatan Ciri-Ciri Kanker Servik Ini Sering Diabaikan Lho, Hati-Hati!

Ciri-Ciri Kanker Servik Ini Sering Diabaikan Lho, Hati-Hati!

16126
0

Ciri-Ciri-Kanker-Servik-Ini-Sering-Diabaikan-Lho,-Hati-Hati!

Kabarmaya.co.idKanker serviks atau yang dikenal dengan kanker mulut rahim merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan banyak ditakuti oleh kaum wanita. Dari data yang ada, sebagian besar penderita kanker di Indonesia 1/3nya adalah penderita kanker serviks. Dari data WHO, hampir setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit ini sehingga kanker serviks di klaim menjadi penyakit dengan ranking paling atas sebagai penyebab kematian wanita.

Kanker serviks ini merupakan kanker yang menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim, di bagian yang sempit antara kemaluan dan rahim. Pada umumnya banyak wanita yang tidak merasakan gejala awal atau ciri-ciri kanker serviks ini, karena memang kanker serviks pada stadium awal tidak akan menimbulkan gejala atau ciri-ciri yang cukup khas. Akan tetapi jika sudah berlanjut pada stadium yang lebih tinggi, kehadiran kanker serviks ini baru akan menunjukkan gejala-gejalanya.

Awal mula kanker serviks

Pada awalnya kanker serviks merupakan infeksi pada area kewanitaan yang biasanya disebabkan oleh bakteri ataupun kuman. Infeksi tersebut membutuhkan proses yang panjang untuk berkembang menjadi kanker, biasanya antara 10-20 tahun. Oleh karena itulah kanker serviks sangat sulit dideteksi pada awal perkembangannya. Buat kamu girls disarankan untuk melakukan test pap semester minimal 2 tahun 1x, test IVA (inspeksi visual dengan asam asetat, dll) sebagai bentuk pencegahan dini.

Ciri-ciri awal kanker serviks yang jarang diketahui

Ciri-ciri kanker serviks di stadium awal memang susah untuk di deteksi sehingga biasanya kanker tersebut terdeteksi pada stadium yang sudah lanjut. Meskipun gejalanya sangat sulit di deteksi, sebenarnya jika kita lebih peka maka kita bisa mendeteksi adanya kanker serviks dalam tubuh. Meskipun sulit untuk di deteksi akan tetapi gejala berikut mampu menjadi indikasi awal adanya kanker serviks di dalam organ kewanitaan.

  1. Saat berhubungan intim selaku merasakan sakit, bahkan sering diikuti oleh adanya perdarahan.
  2. Mengalami keputihan yang tidak normal disertai dengan pendarahan dan jumlahnya berlebih
  3. Sering merasakan sakit pada daerah pinggul
  4. Mengalami sakit saat buang air kecil
  5. Pada saat menstruasi, darah yang keluar dalam jumlah banyak dan berlebih
  6. Saat perempuan mengalami stadium lanjut akan mengalami rasa sakit pada bagian paha atau salah satu paha mengalami bengkak, nafsu makan menjadi sangat berkurang, berat badan tidak stabil, susah untuk buang air kecil, mengalami pendarahan spontan

Itulah beberapa tanda atau ciri-ciri kanker serviks pada stadium awal yang biasanya sering kali diabaikan. Jika kamu sering merasakan tanda-tanda di atas, maka segera periksakan ke dokter untuk memastikan apakah Anda benar-benar terkena kanker serviks atau tidak. Jangan pernah takut untuk periksa, lebih peka terhadap perubahan yang terjadi di dalam tubuh dan peduli akan kesehatan tubuh untuk segera memeriksakan ke dokter adalah langkah awal untuk menuju tubuh yang sehat terbebas dari kanker.

Kanker serviks sendiri sebenarnya di sebabkan oleh pola hidup kita sendiri yang kurang baik. Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi serta kurang menjaga kebersihan merupakan penyebab utama dari berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, penting sekiranya kamu menjaga kesehatan tubuh terutama organ kewanitaan.

Loading...