Home Info Kesehatan Gejala Hamil Minggu Pertama Yang Harus Diketahui

Gejala Hamil Minggu Pertama Yang Harus Diketahui

14293
0

Gejala-Hamil-Minggu-Pertama-Yang-Harus-Diketahui

Kabarmaya.co.idKehamilan memang sebuah hal yang selalu diimpikan oleh semua pasangan suami istri. Dengan adanya seorang buah hati di rumah, membuat keadaan rumah semakin ramai. Masa kehamilan pada umumnya 9 bulan 10 hari. Masa kehamilan tersebut dibagi menjadi 3 bagian yaitu trimester pertama, trimester kedua, dan trimester ketiga. Setiap trimester mempunyai gejala, tanda dan perkembangan yang berbeda-beda.

Pada kesempatan kali ini, akan mencoba membahas mengenai gejala hamil minggu pertama, berarti masuk ke dalam trimester pertama. Mari simak ulasannya:

Muncul Bercak Darah

Gejala hamil minggu pertama dapat dilihat dari munculnya bercak darah pada bagian vagina. Hal ini biasa disebut sebagai gejala implantation bleding. Pendarahannya bukan pendarahan yang berat, hanya pendarahan ringan saja. Hal ini terjadi karena proses implantasi dari calon janin terhadap dinding rahim. Sehingga mengakibatkan gesekan dan terjadilah pendarahan. Proses ini hampir sama dengan proses runtuhnya dinding rahim pada saat haid. Hal ini hanya terjadi pada minggu pertama. Minggu-minggu selanjutnya gejala ini sudah tidak muncul lagi. Jika muncul pendarahan yang lebih parah, segeralah memeriksakan ke dokter.

Perubahan Bentuk Payudara

Perubahan bentuk payudara juga bisa menjadi gejala hamil minggu pertama. Hal ini biasanya juga terjadi pada saat PMS atau pre menstruasi. Payudara menjadi terasa lebih sensitive dan kencang. Hal ini dikarenakan perubahan hormone di dalam tubuh. Selain itu jika lebih perhatikan ukuran payudara menjadi lebih besar. Ada beberapa wanita yang merasakan payudara menjadi gatal dan tidak nyaman ketika mengenakan bra. Jadi hal ini sangat wajar dan memang sering ditemui ketika masuk ke awal kehamilan.

Perut Terasa Sakit

Rasa sakit ini memang tak semua ibu hamil merasakanya. Tetapi gejala ini memang terjadi pada minggu pertama kehamilan. Perut seperti tertekan dan terasa sakit seperti rasa sakit ketika datang bulanm, tetapi ketika datang bulan akan muncul pendarahan yang banyak. Sedangkan pada masa kehamilan tidak muncul pendarahan. Gejala ini akan hilang dengan sendirinya. Gejala ini juga lah yang menyebabkan morning sickness atau mual-mual. Hal ini dikarenakan perubahan hormone yang mendorong bagian perut jadi perut terasa mual dan perih.

Lebih Sering Buang Air Kecil

Gejala hamil minggu pertama selanjutnya adalah lebih sering buang air kecil. Pada saat proses implantasi terjadi. Tubuh akan menghasilkan hormone hcg. Hormone inilah yang juga mempengaruhi terjadinya mual atau morning sickness. Ketika hormone ini meningkat, frekuensi buang air kecil juga meningkat. Anda akan sering merasa ingin buang air kecil tetapi kadar air kecilnya tidak begitu banyak. Setelah masuk ke minggu kedua gejala ini akan hilang dengan sendirinya. Jadi Anda tak perlu khawatir. Oleh karena itu ibu hamil sangat dianjurkan untuk sering mengganti celana dalam.

Itulah beberapa gejala fisik yang sering terjadi pada saat minggu pertama kehamilam. Setelah masuk minggu kedua dan berlanjut ke minggu-minggu selanjutnya. Akan muncul gejala lain yang lebih terlihat. Seperti perubahan bentuk badan, emosi yang berubah-ubah, dan masih banyak lainnya. Yang paling penting adalah anda harus tetap menjaga kesehatan janin. Terutama pada minggu pertama. Setelah mengetahui gejala hamil minggu pertama di atas, segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Loading...