Home Info Kesehatan Gejala Keputihan Ini Perlu Dikenali Sejak Dini

Gejala Keputihan Ini Perlu Dikenali Sejak Dini

867
0

Cara-Mencegah-Keputihan-Agar-Tidak-Menimbulkan-Penyakit-Serius...

Kabarmaya.co.idIngin sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit kewanitaan? Kenali gejala keputihan ini sejak dini. Anda tentu tahu keputihan merupakan keadaan alamiah yang wajar terjadi pada seorang wanita, bahkan mungkin Anda mengalaminya setiap bulan seperti halnya menstruasi. Dalam kondisi normal, keputihan memang merupakan hal yang sangat wajar bahkan bisa dikatakan memiliki fungsi yang penting karena lendir yang keluar dari area miss V membawa bakteri dan juga sel-sel mati dari dalam. Namun berbeda halnya jika keputihan yang Anda alami ini termasuk dalam kategori yang tidak normal.

Anda harus benar-benar waspada karena hal ini bisa menjadi gejala suatu penyakit yang akan membahayakan diri kamu sendiri. Anda tidak mau jika miss V dan rahim terancam? Jadi, simak gejala dan ciri-ciri keputihan berikut ini.

Gejala Keputihan yang Normal

Secara umum gejala keputihan normal biasanya ditandai dengan cairan atau lendir yang keluar memiliki warna putih atau bening, cenderung encer dan juga tidak lengket serta yang paling penting adalah tidak gatal dan tidak berbau. Jika Anda menemui gejala keputihan yang seperti ini, maka bersyukurlah karenamiss V dan rahim bisa dikatakan sehat. Umumnya gejala yang seperti ini dialami oleh seorang wanita yang sedang memasuki masa subur, biasanya beberapa hari sebelum dan sesudah menstruasi. Jadi jika Anda mengalami keputihan sebelum atau sesudah menstruasi dengan ciri-ciri tadi, tidak perlu merasa khawatir karena ini termasuk gejala yang normal.

Selain itu, gejala keputihan yang seperti ini juga sangat umum terjadi pada beberapa wanita tertentu seperti seorang gadis yang memasuki masa pubertas, wanita yang mengalami stres, kelelahan, kepanasan dan sebagainya. Seorang wanita yang sedang hamilpun biasanya sering mengalami keputihan, bahkan bisa dibilang cenderung lebih sering daripada biasanya. Mengapa? Karena saat hamil terjadi perubahan hormonal yang sangat mempengaruhi kondisi seorang wanita sehingga keputihan menjadi salah satu ciri normalnya. Intinya, selama keputihan yang Anda alami ini masih dalam batas gejala yang normal, Anda tidak perlu khawatir.

Gejala Keputihan yang Tidak Normal

Lain halnya dengan gejala yang normal tadi, gejala keputihan yang tidak normal tentu harus diwaspadai karena bisa beresiko membahayakan diri Anda sendiri karena umumnya keputihan yang tidak normal ini dipicu oleh penyakit. Secara umum, keputihan yang tidak normal biasa ditandai dengan cairan atau lendir yang berwarna seperti warna hijau, kuning, cokelat atau bahkan bercampur darah. Jiak Anda mengalaminya atau keputihan bercampur darah diluar siklus bulanan, segera periksakan diri ke dokter karena gejala ini bisa mengindikasikan adanya kanker pada serviks atau rahim Anda.

Selain itu, gejala keputihan yang tidak normal juga biasanya ditandai dengan keputihan yang disertai rasa nyeri pada daerah sekitar panggul. Jangan remehkan rasa nyeri ini karena Anda bisa saja terjangkit penyakit seksual yang menular seperti gonore atau klamidia. Anda juga perlu waspada jika keputihan yang Anda alami dibarengi dengan rasa gatal atau bau amis yang menyengat. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya bakteri atau jamur yang ada di sekitar miss V sehingga mengakibatkan terjadinya infeksi.

Nah sampai disini, Anda tentu sudah bisa membedakan yang mana yang normal dan tidak normal. Yang tak kalah pentingnya dari semua ini adalah jangan malas untuk membersihkan organ intim, karena kurangnya kebersihan miss V menjadi salah satu faktor utama keputihan yang tidak normal. Untuk itu, sayangi diri Anda sendiri dan jangan lupa kenali gejala keputihan sejak dini.

Loading...