Home Info Kesehatan Tes Kehamilan Yang Akurat Dan Efektif

Tes Kehamilan Yang Akurat Dan Efektif

2838
0

Tes-Kehamilan-Yang-Akurat-Dan-Efektif

Kabarmaya.co.idTest kehamilan digunakan untuk mengetahui apakah seseorang wanita hamil atau tidak. Walaupun kehamilan sudah mempunyai tanda-tanda tersendiri. Tetap harus dilakukan test supaya lebih akurat. Ada beberapa tanda dari kehamilan seperti telat menstruasi, morning sickness, perubahan bentuk badan dan masih banyak lainnya. Saat ini ada banyak sekali tes kehamilan, ada yang akurat dan ada yang tidak. Ada beberapa kasus mereka melakukan test kehamilan tetapi ternyata hasilnya tidak sesuai dengan kenyataannya. Maka dari itu pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa contoh tes kehamilan yang akurat yang bisa Anda lakukan.

Test Pack

Test pack memang menjadi salah satu tes kehamilan yang akurat dan paling sering digunakan. Hampir semua orang yang pertama kali hamil, pasti menggunakan ini untuk mengecek kehamilan. Cara ini memang paling praktis dan mudah untuk dilakukan. Setelah masa haid Anda terlambat, Anda bisa langsung mengecek dengan menggunakan test pack ini. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mengeceknya beberapa kali. Untuk mengecek kehamilan dengan menggunakan test pack ini, menggunakan air urine. Jika ada garis dua berarti Anda positif hamil. Jika garisnya hanya satu berarti Anda belum hamil.

USG

Tes kehamilan yang akurat selanjutnya adalah dengan menggunakan pemeriksaan USG. Test ini memang yang paling akurat, karena Anda langsung mengetahui gambaran dari dalam janin anda. Apalagi sekarang banyak sekali alat pemeriksaan usg yang lebih canggih, bisa melihat dalam bentuk 4 dimensi. Cara ini memang tidak mempunyai kekurangan sama sekali karena pasti terbukti akuratnya. Pemeriksaan ini menggunakan gelombang yang diarahkan ke bagian rahim, untuk mengetahui keadaan di dalam rahim kemudian di tampilkan dalam sebuah layar.

Pemeriksaan Detak Jantung Janin

Cara ini juga bisa membuktikan pemeriksaan kehamilan Anda. Tentunya jika ada detak jantung di rahim berarti anda sedang dalam masa kehamilan. Jika tidak ada berarti Anda tidak hamil, cara ini memang akurat seperti test pemeriksaan USG. Jantung bayi mulai berdetak pada waktu trimester pertama. Alat untuk mengukur detak jantung bayi dinamakan alat doopler. Dengan menggunakan alat ini bisa mendengar gelombang detak jantung bayi dengan jelas. Selain itu Anda juga bisa merekamnya melalui sebuah grafik, sehingga mengetahui kesehatan dan keadaan dari janin Anda.

Dengan Menggunakan Foto X Ray

Foto xray juga bisa menjadi test kehamilan yang akurat. Pemeriksaan ini juga sama akuratnya dengan pemeriksaan USG dan pemeriksaan detak jantung. Tetapi sayangnya cara ini sangat jarang digunakan dan memang cukup berbahaya bagi tumbuh kembang bayi. Foto X ray menggunakan gelombang ultraviolet. Radiasi yang dikeluarkan oleh alat xray ini mampu membuat kromosom di dalam tubuh berubah. Walaupun cara ini efektif dan akurat, tetapi memang tak begitu baik untuk dilakukan. Cara ini digunakan dalam keadaan dan kondisi tertentu saja.

Keempat cara tersebut merupakan cara-cara yang umum digunakan, tinggal Anda mau menggunakan yang mana. Biasanya di awal, Anda menggunakan test pack dulu. Baru untuk memastikan lebih akurat Anda menggunakan pemeriksaan USG atau denyut jantung. Setelah mengetahui bahwa anda hamil, jagalah dengan baik janin di dalam kandungan Anda. Rawat dan jaga juga kesehatan Anda, apalagi di masa trimester pertama yang masih sangat rawan keguguran. Sekian artikel mengenai tes kehamilan yang akurat, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Loading...