Home Info Kesehatan Ciri-Ciri Dan Penyebabnya Kehamilan Diluar Kandungan

Ciri-Ciri Dan Penyebabnya Kehamilan Diluar Kandungan

1122
0

Ciri-Ciri-Dan-Penyebabnya-Kehamilan-Di-Luar-Kandungan

Kabarmaya.co.idMungkin sebagai dari Anda belum banyak yang mengetahui mengenai hamil di luar kandungan. Hamil di luar kandungan ini bukan berarti Anda hamil di luar perut. Hamil adalah bertemunya sel telur pada wanita dan sperma pada pria membentuk sebuah embrio. Pada saat terbentuk, embrio ini akan berjalan menuju rahim sang ibu. Sedangkan hamil di luar kandungan berarti embrio belum sampai ke rahim sang ibu. Keadaan ini memang sering terjadi atau biasa disebut sebagai kehamilan. Ektopik. Kehamilan ini tidak bisa bertahan lama. kemungkinan besar hanya bertahan selam 5 sampai 10 minggu saja.

Pada kesempatan kali ini, akan diberikan informasi mengenai ciri-ciri dan penyebab kehamilan diluar kandungan sebagai berikut:

Ciri-Ciri Kehamilan Di Luar Kandungan

Pada kehamilan diluar kandungan, Anda akan tetap mengalami tanda-tanda kehamilan seperti hamil normal. Seperti telat datang bulan, morning sicknes, tes kehamilan yang positif dan masih banyak lainnya. Jadi di awal banyak yang tidak mengetahui kalau mereka mengalami hamil di luar kandungan. Oleh karena itu untuk lebih mewaspadainya, lebih baik anda mengetahui apa saja ciri-ciri dari kehamilan ini. Walaupun kehamilan ini tidak bisa bertahan lama tetapi anda harus tetap mengetahuinya. Memang kehamilan ini tidak bisa diselamatkan atau pasti akan mengalami keguguran karena dinding pada pembuluh sudah tidak kuat menahan embrio tersebut.

Ciri-ciri yang harus anda ketahui antara lain merasakan keluhan nyeri yang sangat sakit pada bagian perut bawah. Pada ibu hamil yang normal terkadang memang mengalami pendarahan tetapi hanya bercak-bercak saja. Sedangkan pada kehamilan diluar kandungan lebih sering mengalami pendarahan yang sangat banyak pada bagian vagina. Gejala ini terjadi karena pada dinding saluran rahim pecah. Untuk lebih jelasnya memang harus melakukan pemeriksaan USG di dokter supaya tahu apakah kehamilan tersebut normal atau diluar kandungan.

Penyebab Kehamilan Di Luar Kandungan

Di atas sudah dibahas mengenai ciri-ciri kehamilan diluar kandungan, sekarang akan mdibahas mengenai apa saja penyebab dari hamil diluar kandungan ini. Penyebab yang pertama karena zigot atau calon embrio tidak sampai atau tidak bisa membenamkan diri di rahim. Zigot ini tertahan di daerah saluran telur, dengan begitu embrio tidak bisa berkembang menjadi janin dengan baik. Tidak seperti perkembangan janin yang terjadi di dalam rahim. Penyebab yang kedua karena adanya tumor pada bagian dinding saluran telur, sehingga ada penyempitan jalan dan membuat zigot tidak bisa sampai ke rahim yang ibu.

Selain itu hamil di luar kandungan ini bisa disebabkan oleh penggunaan antibiotik yang terlalu banyak pada saat ibu dalam masa kehamilan. Hal ini terjadi karena bisa menyebabkan gerakan peristaltik pada saluran telur menjadi terganggu. Jika hal ini terjadi maka zigot tidak bisa berjalan ke rahim dengan baik, sehingga tertahan di saluran telur. Penyebab lainnya bisa dikarenakan pernah mengalami operasi pada saluran telur, radang pada bagian rongga, kelainan pada rahim sang ibu dan masih banyak lainnya.

Ketika Anda mengalami ciri-ciri yang sudah saya sebutkan diatas, segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter. Supaya mengetahui lebih pasti apakah anda mengalami kehamilan di luar kandungan atau tidak. Sampai saat ini memang belum ada cara untuk mengatasi hamil di luar kandungan ini. Sebagian besar ibu yang mengalami hamil diluar kandungan pasti akan mengalami keguguran pada minggu ke 5 sampai minggu ke 10. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Loading...