Home Info Kesehatan Keputihan Pada Ibu Hamil, Penyebab, Dan Cara Mencegahnya

Keputihan Pada Ibu Hamil, Penyebab, Dan Cara Mencegahnya

627
0

Keputihan-Pada-Ibu-Hamil,-Penyebab,-Dan-Cara-Mencegahnya

Kabarmaya.co.idCairan yang biasa dikeluarkan oleh vagina seorang wanita tidak hanya cairan keputihan saja, melainkan ada yang lain juga seperti darah haid dan darah nifas. Akan tetapi yang sering menjadi permasalahan seorang wanita terutama para wanita yang sedang mengandung adalah masalah keputihan yang tidak kunjung berhenti, malah terkadang berwarna kuning kehijauan dan berbau sangat tidak sedap. Keputihan pada ibu hamil menjadi salah satu permasalahan sendiri karena penanganannya tidak boleh sembarangan, jika sembarangan dalam mengobati dikhawatirkan berpengaruh terhadap perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Penyebab Keputihan pada Ibu Hamil

Keputihan pada ibu hamil bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah faktor kebersihan yang kurang terjaga. Seorang perempuan yang kurang bisa merawat organ kewanitaan lebih rentan terkena penyakit atau masalah kesehatan yang berhubungan dengan organ reproduksi tersebut. Menjaga kebersihan itu terdiri dari seringnya mengganti celana dalam, karena celana dalam yang kotor atau basah karena keringat dan lama dalam proses menggantinya akan membuat bakteri candida albicans tubuh dengan sangat pesat karena suhu dan kelembapan yang ada di daerah vagina sangat cocok untuk wilayah dan tempat perkembiakannya.

Mencegah Keputihan pada Ibu Hamil

Keputihan yang normal biasa dialami oleh seorang wanita baik yang sedang hamil atau sedang dalam masa pubertas. Akan tetapi, biasanya keputihan yang dialami seseorang dengan orang lain akan berbeda mengingat permasalahan hormon dan juga kebiasaan setiap orang yang juga berbeda. Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah masalah stress yang sering dialami oleh wanita, terutama wanita yang sedang mengandung. Stress merupakan pemicu segala macam penyakit yang salah satunya adalah keputihan, oleh karena itu, jika Anda merasa memiliki beban pikiran yang terlalu berat, cobalah untuk membicarakannya dengan orang terdekat Anda, dan carilah waktu luang untuk refreshing karena selain dapat mengganggu kesehatan reproduksi. Stress juga dapat berpengaruh terhadap kondisi bayi di dalam kandungan.

Penyebab Keputihan pada Ibu Hamil karena Infeksi Jamur

Faktor penyebab keputihan pada ibu hamil juga salah satunya bisa dipicu karena kontaminasi atau terinfeksinya vagina oleh jamur atau bakteri jahat. Jamur seperti trikomoniasi merupakan jamur yang biasanya terdapat di dalam kandung kemih dan jika jamur tersebut sampai kepada daerah vagina, maka akan menyebabkan cairan vagina atau keputihan menjadi lebih pekat dari biasanya dan terkadang disertai dengan rasa gatal yang amat sangat. Untuk menetralisir rasa gatal tersebut, Anda bisa membasuh vagina dengan air rebusan daun sirih yang sudah dingin, namun tidak perlu dilakukan setiap hari.

Keputihan pada ibu hamil yang berkelanjutan sebaiknya juga dikonsultasikan dengan dokter supaya Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai permasalahan yang Anda hadapi dan mendapatkan solusi pengobatannya. Karena jika Anda mengambil langkah pengobatan tanpa mengetahui efek sampingnya, dikhawatirkan hal tersebut bisa berdampak pada kesehatan bayi jika sudah lahir nantinya.

Untuk mencegah keputihan pada ibu hamil agar tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih parah, Anda sebaiknya tidak sering menggunakan pantyliner karena zat kimia pemutih yang ada pada pantyliner terkadang malah justru menjadi pemicu jamur untuk tumbuh kembang di dalam vagina. Selain itu, mengkonsumsi air putih yang banyak juga dapat menjadi solusi yang menyehatkan dan tidak akan membahayakan Anda dan bayi.

Loading...