Home Informasi Teknologi Waspada! Dark Caracal, Virus Malware Yang Menyerang Pengguna Android Di 21 Negara

Waspada! Dark Caracal, Virus Malware Yang Menyerang Pengguna Android Di 21 Negara

1715
0

Waspada!-Dark-Caracal,-Virus-Malware-Yang-Menyerang-Pengguna-Android-Di-21-Negara

Kabarmaya.co.idDi era digital seperti saat ini smartphone menjadi salah satu perangkat yang wajib dimiliki oleh setiap lapisan masyarakat. Sayangnya penggunaan barang digital yang bisa digunakan untuk online ini cukup mengkhawatirkan. Sebab virus malware bisa kapan saja menyusup ke beberapa smartphone berbasis Android dan merusak kinerja dari smartphone tersebut.

Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN mengingatkan pengguna internet Indonesia dengan serangan malware Dark Caracal. Malware ini menjadikan perangkat mobile sebagai target. Namun demikian terdapat indikasi serangan ini dapat juga diimplementasikan pada perangkat lain. Dalam keterangannya di Twitter-nya, Selasa (23/1/2018), BSSN menyebutkan malware ini menginfeksi perangkat dengan berbagai modus.

Salah satunya malware ini menyatu sebagai aplikasi palsu dan kemudian menyebar dengan teknik spearsphising. Teknik ini yakni menyebaran infeksi melalui komunikasi email, SMS, media sosial. Teknik ini menyaru seolah-olah berasal dari rekan kerja atau teman yang dikenal korban sebelumnya. Begitu korban mengunduh aplikasi palsu yang menyaru tersebut, malware Dark Caracal akan berjalan otomatis di smartphone, sementara pengguna tak menyadarinya.

Penyebaran malware tersebut sudah dimulai sejak Januari 2012 dan sejauh ini menyebar dan terbagi dalam enam babak tahapan. Menurut data Lookout dan Electronic Frontier Foundation (EFF), per Januari 2018 malware Dark Caracal terpublikasi ke khalayak umum. Per awal tahun ini, malware Dark Caracal sudah menginfeksi korban di 21 Negara, mulai dari Negara maju sampai Negara berkembang.

Loading...