Home Informasi Teknologi Ponselmu Terkena Air? Ini Pertolongan Pertama Yang Harus Anda Lakukan!

Ponselmu Terkena Air? Ini Pertolongan Pertama Yang Harus Anda Lakukan!

741
0

Cara-Mengatasi-Ponsel-Yang-Terkena-Air

Kabarmaya.co.idMeskipun saat ini sudah banyak vendor yang berinovasi pada perangkat besutan mereka, namun tentu saja beberapa masalah bisa muncul pada ponsel pintar. Salah satunya adalah saat terkena air, tentu saja fungsi dari smartphone akan tergangggu. Meskipun beberapa diantara smartphone masa kini sudah ada yang mengantongi sertifkat anti air dan anti debu, tetap saja masih banyak perangkat mid-end yang belum menggunakan teknologi tersebut.

Lantas apa yang harus dillakukan jika smartphone terkena air? Beragam cara dilakukan pengguna agar memastikan smartphone tak terkena air. Namun terkadang upaya tersebut tak selalu berhasil, ada kalanya perangkat dapat terkena air atau terjatuh dalam genangan air. Dilansir dari Liputan6.com, Senin (29/1/2018), berikut adalah pertolongan terbaik untuk smarrtphone yang terkena air.

  1. Segera Matikan

Saat terkena air, hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan smartphone. Dengan cara ini dapat mengurangi risiko kerusakan bagia dalam smartphone.

  1. Lepas Casing, Kartu SIM, dan Kartu Memori

Langkah selanjutnya adalah melepas casing, jika perangkat memakai pelindung. Tak lupa, lepas kartu SIM termasuk kartu memori yang masih berada di dalam smartphone.

  1. Lepas Baterai

Jika smartphone memiliki baterai yang dapat di lepas, segera lepas dari perangkat. Namun perlu membaca keterangan di baterai untuk memastikan baterai tersebut dapat dilepas secara aman.

  1. Keringkan dengan Lap Halus

Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengeringkan smartphone dengan menggunakan lap berbahan halus. Bisa memanfaatkan tisu atau lap lain sejenis.

  1. Manfaatkan Pengering

Pengeringan juga dapat memanfaatkan hair dryer atau mini vacuum untuk membantu mengeringkan smartphone. Namun lakukan secara hati-hati agar tak merusak komponen dalam perangkat.

  1. Rendam dalam Beras

Proses selanjutnya adalah merendam smartphone dalam beras. Selain mudah ditemukan, beras juga dikenal bagus untuk menyerap kelembapan udara dan mengeluarkan kandungan air di smartphone. Hanya saja, pastikan beras yang digunakan memilliki kemampuan menyerap air yang baik. Bukan beras biasa yang ditemukan di toko-toko kelontong biasa.

Perawatan smartphone perlu dilakukan secara teliti dan baik agar perangkat pintar tersebut bisa awet digunakan. Jika salah penanganan, smartphone yang masuk ke dalam air bisa merusak bagian dalam perangkat. Bisa jadi hal tersebut menyebabkan smartphone rusak dan tidak bisa digunakan kembali.

Loading...