Home Info Kesehatan Keputihan Saat Hamil Muda, Wajar Nggak Sih?

Keputihan Saat Hamil Muda, Wajar Nggak Sih?

601
0

Keputihan-Pada-Ibu-Hamil,-Penyebab,-Dan-Cara-Mencegahnya

Kabarmaya.co.idMungkin banyak sekali yang bertanya, wajar nggak sih keputihan saat hamil muda? Bagi setiap pasangan masa kehamilan merupakan masa-masa yang sangat ditunggu-tunggu, terlebih jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan anak pertama. Khususnya bagi para ibu, masa awal kehamilan memang cenderung menyusahkan karena sering disertai dengan hal-hal yang membuat tidak nyaman seperti morning sickness misalnya. Namun hal itu tentu tidak berpengaruh jika mengingat bahwa ibu sedang mengandung buah cinta dengan sang suami.

Lalu bagaimana jika saat hamil muda mengalami keputihan? Padahal sebelumnya tidak pernah. Wajar nggak sih? Berikut bahasan lebih mendalam masalah keputihan di masa awal kehamilan ini.

Penyebab Keputihan Pada Saat Hamil Muda

Pada saat hamil, tubuh wanita biasanya mengalami perubahan hormon dan juga suhu tubuh yang berpengaruh pada kondisi tertentu yang terkadang sulit diterima oleh wanita yang sedang hamil. Mungkin ibu mengalami hal-hal seperti bagian leher atau ketiak yang tiba-tiba menghitam. Tidak perlu khawatir karena hal ini merupakan hal wajar yang dipengaruhi oleh perubahan hormon tadi. Lalu bagaimana dengan masalah keputihan saat hamil muda, apakah ini termasuk hal wajar yang juga dipengaruhi oleh perubahan hormon? Secara umum iya, karena keputihan memang dipengaruhi oleh perubahan hormon. Bahkan wanita hamil cenderung lebih sering mengalaminya. Akan tetapi para ibu juga tidak bisa melupakan ciri keputihan yang mommy alami tersebut.

Jenis Keputihan

Secara umum keputihan dibagi menjadi 2 jenis yaitu keputihan fisiologis atau keputihan yang normal dan keputihan patologis atau keputihan yang tidak normal. Nah mommy harus tahu 2 jenis keputihan ini untuk menentukan apakah keputihan ketika hamil muda yang dialami ini wajar atau tidak. Pada wanita secara umum, keputihan yang masih dalam tahap normal bisa dikenali dengan ciri lendir yang putih atau bening, tidak gatal, dan juga tidak berbau. Sedangkan untuk keputihan yang termasuk dalam kategori tidak normal bisa dikenali dengan ciri-ciri sebaliknya yaitu warna lendir yang berubah menjadi kekuning-kuningan, hijau, cokelat bahkan bercampur darah. Lalu bagaimana dengan wanita yang mengalami keputihan saat hamil muda?

Setelah mengetahui 2 jenis keputihan ini, tentu bisa membedakan mana keputihan yang normal dan tidak normal karena secara umum. 2 jenis keputihan ini berlaku sama bagi wanita biasa ataupun wanita yang sedang hamil. Keputihan saat hamil muda dikatakan wajar apabila memiliki ciri-ciri yang normal seperti yang disebut tadi. jadi, selama keputihan yang mommy alami masih dalam batas ciri normal, tidak perlu merasa khawatir karena keputihan tersebut merupakan hal yang wajar dialami wanita hamil.

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Keputihan memang seringkali membuat seseorang menjadi tidak nyaman, apalagi ketika hamil. Bagi ibu yang ingin mengatasi masalah keputihan, bisa menerapkan beberapa cara mengatasi keputihan saat hamil berikut ini. Yang paling penting adalah jangan malas untuk membersihkan miss V karena kurangnya kebersihan miss V merupakan salah satu faktor utama terjadinya keputihan. Kemudian ibu sebaiknya menggunakan celana dalam yang berbahan katun agar kelembaban miss V terjaga karena bahan katun bisa menyerap keringat.

Selain itu, ibu juga perlu menghindari penggunaan sabun yang mengandung soda ata sabun pembersih organ kewanitaan yang memiliki sifat antiseptik dan wangi. Bersihkan miss V dengan air yang langsung dari kucuran karena lebih mengurangi resiko terserang bakteri. Hindari juga pemakaian pantyliner karena hal ini malah bisa membuat bakteri lebih banyak berkembang.

Loading...