Home Info Kesehatan Keputihan Berwarna Coklat Atau Hijau? Ini Indikasi Tubuh Tak Sehat

Keputihan Berwarna Coklat Atau Hijau? Ini Indikasi Tubuh Tak Sehat

458
0

Keputihan-Berwarna-Coklat-Atau-Hijau-Ini-Indikasi-Tubuh-Tak-Sehat

Kabarmaya.co.idPastinya kaum wanita sering mengalami yang namanya keputihan bukan? Keputihan merupakan cairan yang berasal dari area miss V tepatnya dari dinding rahim. Keputihan memang suatu kejadian yang normal dialami oleh wanita dalam usia subur, tetapi tidak semua keputihan masuk dalam kategori normal. Ada pula keputihan yang abnormal dan membahayakan yang harus kamu waspadai. Ada beberapa jenis keputihan yang bisa jadi merupakan indikasi dari infeksi pada area kewanitaan seperti keputihan yang berwarna coklat atau hijau.

Jika keputihan sudah menunjukkan abnormal, para wanita harus segera menindaklanjutinya agar tidak menimbulkan berbagai masalah berkelanjutan. Ada beberapa warna keputihan yang harus diwaspadai oleh kaum wanita, diantaranya:

Keputihan berwarna putih susu atau abu-abu

Mungkin jarang yang mengalami keputihan berwarna coklat atau hijau, akan tetapi bukan berarti keputihan itu sehat. Jika mengalami keputihan yang berawarna putih susu atau berwarna abu-abu yang disertai dengan rasa gatal dan bengkak kemerahan di area miss V serta bau tidak seperti anyir, maka segera periksakan ke dokter karena bisa menjadi indikasi dari infeksi bakteri yang berbahaya. Apalagi jika warna tersebut dibarengi dengan garis darah yang encer, kemungkinan ada penyakit kanker. Akan tetapi tapabila cairan keputihan berwarna putih dan tidak merasakan gatal serta tidak berbau, maka keputihan masih tergolong normal. Hal itu wajar terjadi menjelang dan pasca menstruasi.

Keputihan berwarna kuning

Cairan keputihan yang keluar dari miss V berwarna kuning, maka wajib waspada. Bisa jadi kuman berbahaya sedang tumbuh dan bersarang di organ kewanitaan. Kuman ini sangat berbahaya karena merupakan indikasi dari gejala infeksi gonorhoe, klamida, dan juga trichomonas. Biasanya kuman atau bakteri jahat ini masuk karena hubungan seksual, sering merokok, serta sering menggosok area kewanitaan terlalu kuat dan lama.

Keputihan berwarna coklat

Warna coklat pada keputihan bisanya dikarenakan periode haid yang sudah dekat sehingga darah haid tercampur dengan cairan keputihan, eliminasi endomentrial, awal kehamilan, menopouse yang tidak membahayakan. Akan tetapi jika keputihan yang berwarna coklat tersebut keluar disertai dengan rasa nyeri pada pinggang dan bokong kemudian berbau tidak sedap maka hal tersebut wajib diwaspadai. Bisa jadi keputihan tersebut merupakan tanda awal dari kanker serviks di organ kewanitaan.

Keputihan berwarna hijau

Jika mengalami keputihan yang berwarna coklat atau hijau terutama keputihan berwarna hijau dengan kadar cairan yang sangat banyak, kemudian disertai dengan bau tidak sedap dan juga sampai nyeri berlebihan pada organ kewanitaan maka kamu wajib mewaspadainya. Cairan keputihan berwarna hijau biasanya disebabkan oleh infeksi dari protozoa trichomonas vaginalis yang berbahaya. Apalagi jika sampai pada taraf rasa panas dan gatal di area kewanitaan maka kemungkinan disebabkan oleh Nisseria gonorrhoe.

Itulah beberapa warna keputihan yang harus segera diobati. Apabila keputihan berwarna coklat atau hijau maka lebih baik untuk segera periksakan ke dokter untuk mengantsipasi kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Pada intinya, jika kita menjaga pola hidup sehat dengan selalu menjaga konsumsi makanan yang sehat, kaya akan serat dan vitamin serta selalu menjaga kebersihan baik lingkungan terutama miss V pastinya keputihan yang abnormal tidak akan pernah terjadi.

Loading...