Home Info Kesehatan Mengatasi Keputihan Saat Hamil? Guna Cara Sederhana Agar Bayi Tetap Tumbuh Normal

Mengatasi Keputihan Saat Hamil? Guna Cara Sederhana Agar Bayi Tetap Tumbuh Normal

1596
0

Keputihan-Pada-Ibu-Hamil,-Penyebab,-Dan-Cara-Mencegahnya

Kabarmaya.co.idPada saat hamil, tubuh pastinya akan mengalami perubahan baik perubahan fisik maupun psikis. Perubahan pada ibu hamil ada yang normal dan juga abnormal, perubahan abnormal inilah yang membutuhkan pengobatan. Perlu diketahui, ketika hamil ibu akan sangat rentan dengan cairan vagina. Hal tersebut karena adanya perubahan hormonal selama masa kehamilan. Perubahan hormonal tersebut menyebabkan cairan vagina menjadi meningkat sehingga menyebabkan keputihan bagi ibu hamil.

Pada ibu hamil cairan vagina sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi vagina menuju rahim akan tetapi perlu diketahui kalau tidak semua cairan tersebut memberikan manfaat yang positif. Cairan vagina yang sudah terinfeksi oleh bakteri, parasit atau virus akan memberikan pengaruh buruk pada bagian bahkan rahim. Ibu hamil sangat rentan terhadap inveksi vagina karena kesulitan dalam membersihkan daerah kewanitaannya sehingga sangat rentan terhadap keputihan. Sebagai ibu hamil penting sekiranya untuk selalu menjaga organ kewanitaan agar selalu sehat dan bersih sehingga tidak akan memberikan dampak yang buruk bagi kandungan. Tentunya cara mengatasi keputihan saat hamil akan menjadi ilmu yang sangat penting untuk diketahui bukan?

Berikut ini ada beberapa cara sederhana yang dapat digunakan untuk mengatasi keputihan ketika hamil:

Basuh organ kewanitaan dengan air bersih

Ketika mmembersihkan organ kewanitaan pastikan menggunakan air yang bersih. Jangan menggunakan air kotor untuk membersihkan organ kewanitaan karena akan membuat genital terserang kuman dan bakteri yang pastinya membahayakan. Jika sedang bepergian dan ingin menggunakan toilet umum, jauh lebih baik menyediakan tisu basa untuk membersihkan organ genital. Hal tersebut sangat penting untuk tetap menjaga ataupun sebagai cara mengatasi keputihan saat hamil.

Jangan menggunakan sabun pembersih atau pentyliner

Mungkin sering mendengar berbagai iklan sabun pembersih organ kewanitaan yang mampu membunuh kuman jahat, akan tetapi penggunaan sabun kewanitaan tersebut tidak hanya membunuh kuman jahat saja akan tetapi juga mampu membunuh kuman baik di organ kewanitaan. Oleh karena itu, agar masalah keputihan tidak semakin parah jangan terlalu sering menggunakan sabun pembersih. Jika biasanya menggunakan pentyliner jika sedang keputihan, maka ketika sedang hamil jangan menggunakan pentyliner karena hal tersebut justru semakin memperparah keadaan. Cara mengatasi keputihan saat hamil yang paling baik adalah dengan menjaga kebersihan air ketika akan digunakan untuk membersihkan saja.

Selalu jaga kekeringan miss V

Cara mengatasi keputihan saat hamil selanjutnya adalah dengan menjaga miss V selalu kering. Miss V yang lembab akan membuat jamur dan bakteri mudah sekali tumbuh dan berkembang di area kewanitaan yang kemudian akan menyebabkan keputihan yang parah dan abnormal. Pastikan ketika membersihkan miss V sampai kering dan jika celana yang digunakan terasa basah dan lembab, segera ganti dengan yang kering.

Gunakan celana dalam yang terbuat dari bahan katun

Menjaga kebersihan dan kekeringan miss V saja belum cukup untuk mengatasi masalah keputihan pada saat hamil. Menggunakan celana dalam yang terbuat dari bahan katun juga menjadi cara mengatasi keputihan saat hamil yang sangat penting. Hal tersebut karena bahan katun mempunyai tekstur yang dingin, lembut, dan menyerap keringat sehingga sangat nyaman ketika digunakan.

Keputihan pada ibu hamil yang tidak normal akan berpengaruh kepada tumbuh kembang janin. Cegah dan obati keputihan jahat di area kewanitaan agar bayi dapat tumbuh sempurna hingga lahir.

Loading...