Home Informasi Teknologi Bingung Karena Ponsel Hilang? Coba Temukan Dengan Cara Ini!

Bingung Karena Ponsel Hilang? Coba Temukan Dengan Cara Ini!

314
0

Waspada!-Dark-Caracal,-Virus-Malware-Yang-Menyerang-Pengguna-Android-Di-21-Negara

Kabarmaya.co.idDi era modern seperti saat ini dimana semua hal sudah sangat canggih tentunya perangkat komunikasi seperti smartphone sudah tak bisa lepas dari keseharian manusia. Selain fungsinya sebagai perangkat komunikasi nyatanya smartphone saat ini sudah menjelma sebagai perangkat yang serba bisa. Namun meskipun begitu, Anda pernah lupa menaruh atau secara tak sengaja menjatuhkan smartphone tersebut. Bahkan bisa juga smartphone tersebut pindah tangan lantaran kelalain sang pemilik.

Mengetahui hal tersebut Anda pasti akan sangat panik. Namun ternyata ada cara yang terbilang mudah untuk mengetahui lokasi dimana smartphone Anda berada. Google telah menyiapkan fitur pelacakan perangkat Android melalui sinyal GPS. Pertama yang perlu dilakukan mengingat akun Google yang dipakai pada smartphone Anda yang hilang dan jangan lupa password-nya. Setelah itu, lakukan sign in pada akun tersebut di perangkat lain.

Selanjutnya buka peramban atau browser dan lakukan pencarian dengan kata kunci ‘Where’s my phone?’. Anda akan diarahkan pada sebuah peta, sementara Google memproses pencarian lokasi. Selain itu Google juga akan mengetahui tipe serta merek ponsel Anda yang hilang. Setelah Google melakukan pencarian, maka lokasi smartphone Anda yang hilang pun akan terlihat. Meski demikian kadang kala lokasi yang ditampilkan oleh Google hanya sebagai acuan lokasi. Anda masih perlu mengingat-ingat di mana terakhir kali Anda berkunjung.

Fitur tersebut sebenarnya bagian dari program Google device manager yang tersedia melalui toko aplikasi Play Store. Untuk mendeteksi perangkat, Anda bisa menyentuh menu ‘Play Sound’ untuk membunyikan suara pada smartphone yang hilang, atau jika tak kunjung ditemukan, Anda juga bisa menghapus atau mengunci seluruh data pada ponsel melalui menu ‘Enable Lock & Erase’. Pastikan smartphone yang Anda cari masih dalam keadaan aktif. Sebab jika perangkat tersebut dalam keadaan mati atau kehabisan baterai, pencarian lokasi akan menjadi lebih sulit atau bahkan gagal.

Loading...